TK Ashfiya Gelar Economic Day

jabarekspres.com, BANDUNG – TK Ashfiya Kecamatan Rancasari meng­gelar kegiatan bertajuk Economic Day dalam rang­ka peringatan Kemerde­kaan RI ke-72 di halaman sekolah, Jumat (25/8). Pro­gram ini menanamkan jiwa enterpreneurship dengan memperkenalkan konsep berdagang sejak dini. Aca­ra lainnya juga akan dige­lar di Taman Lalu Lintas, Sabtu (26) hari ini.

Pendamping Program PAUD Holistik Integratif Berdimensi Sosial Budaya dan Ekonomi (HISBE) TK Ashfiya Diny menjelaskan, konsep ini mengajarkan dunia usaha dan proses jual beli kepada anak-anak. Di lokasi kegiatan, terdapat sejumlah stan yang men­jajakan barang dagangan hasil kerja sama kreativitas antara orang tua dan siswa itu sendiri.

“Seluruh barang yang di­buat dan dijual di sini hasil kreasi mereka. Barang yang dijual harus kratif. Bukan barang hasil beli di pasar lalu dijual di sini. Stan ini dijaga para siswa. Bukan orang tua,” kata Diny Waskitawati kepada Jabar Ekspres.

Sebelum kegiatan, TK Ash­fiya memberikan sejumlah ketentuan dari kegiatan Eco­nomic Day tersebut kepada orang tua dan siswa. Selain harus kreatif, barang-barang dagangan pun dijual tidak lebih dari Rp 1.000. Dan masing-masing siswa hanya diperbolehkan membawa uang sebesar Rp 3.000 saja.

“Harga jual setiap makanan atau barang mulai dari Rp 500 hingga Rp 1.000. Tidak boleh lebih,” kata Diny.

Proses jual beli sendiri pun dibuat unik. Yakni meng­gunakan koin. Guru menga­rahkan para siswa untuk antre terlebih dahulu. Ber­baris rapi untuk menukarkan uang Rp 3.000 yang mereka bawa ke stan money changer dalam bentuk koin. Stan ini dilayani seorang guru. Da­ri proses penukaran uang ini, kata Diny, sekolah mengajarkan budaya antre kepada anak-anak.

“Uang itu kemudian ditu­karkan dengan koin. Satu koin senilai Rp 500. Sehingga masing-masing siswa menda­pat 6 koin,” tuturnya.

Setelah mendapatkan koin, siswa berbelanja. Para guru mengamati. Memberi penje­lasan kepada siswa saat me­reka bertransaksi jual beli. Barang dagangan yang disa­jikan bermacam-macam. Ada yang menjual pisang cokelat, puding, bakso ikan atau tem­pura, minuman sirup manis, kalung monte, dan yoyo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan