Titip Doa untuk Cianjur

jabarekspres.com, CIANJUR – Sebanyak 538 jamaah haji asal Cianjur diberangkatkan dari Kantor Kemen­terian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, kemarin (27/7) pagi. Rencananya, para jamaah bakal singgah di Embarkasi Bekasi untuk selanjutnya diberangkatkan ke Tanah Suci.

Pelepasan haji langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman dan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur serta unsur Muspida.

Tampak saat pemberangkatan keluarga jamaah tak kuat menahan tangis melepas keluarga mereka yang bakal menunaikan ibadah haji. Bahkan beberapa di antaranya nekad masuk ke steril area untuk menemui jamaah.

Sekitar pukul 9.52 Wib jamaah pun ?sudah diberangkatkan dengan dikawal oleh pihak kepolisian.

Kepala Kantor Kemenag Cianjur, Pardi Suhardian mengatakan, jamaah haji yang diberangkatkan ialah dari kloter 1 dan 2, yang masing-masingnya berjumlah 404 jamaah serta 134 jamaah.

“Total ada 538 jamaah, kloter 1 sebanyak 404 jamaah dan di kloter 2 sebanyak 134 jamaah. Untuk kloter 2 itu kloter gabungan, antara Cianjur, Sukabumi, dan Bogor,” kata dia.

Dia memastikan pengurusan visa dan paspor jamaah haji asal Cianjur sudah sele­sai, termasuk 10 jamaah pengganti jamaah di kloter pertama yang batal berangkat akibat meninggal, sakit, dan menunda keberang­katan. “Di kloterawal ini sudah selesai semua,sementara kloter 35 dan 93 sedang diproses (visa, red),” ungkapnya.

Dia menambahkan, proses pemberang­katan jamaah haji di tahun ini dinilai lebih baik, sebab meski di kloter awal, tidak ada kendala visa ataupun pasport.

“Alhamdulillah tahun ini lebih baik, ini berkat dukungan semua pihak. Semoga para jamaah yang bakal terbang besok bisa sela­mat dan menjalankan ibadah haji dengan sebaiknya,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, Her­man Suherman, mengakui menitip pesan pada para jamaah agar mendoakan Cianjur terhindar dari bencana alam dan dijauhkan dari kemaksiatan. “Doa di Tanah Suci itu diijabah, makanya para jamaah diminta mendoakan yang terbaik untuk Cianjur,” pungkasnya.(bay/tts)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan