Tiga Calhaj Bandung Gagal Berangkat

jabarekspres.com, BANDUNG – Kloter 3 asal Kota Bandung dengan jumlah 444 calon haji (Calhaj) diberangkatkan menuju asrama haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Jalan Kemakmuran, Kota Bekasi. Kloter 3 yang tergabung dalam kloter 25 Jawa Barat itu dilepas  Wakapolda Jabar Irjen Supratman bersama sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Agama Kota Bandung di Mapolda Jabar, kemarin (4/8).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, H Yusuf Umar mengatakan, jamaah ditransitkan dulu di asrama haji. ”Di sana ada pembagian living cost dan cek kesehatan jamaah,” kata Yusuf usai pelepasan.

Yusuf juga mengungkapkan, untuk penerbangan seluruh jamaah calon haji akan diterbangkan di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng Tangerang, Banten. Hal ini menyusul rusaknya landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, beberapa waktu lalu.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Bandung Hotimul Manan menjelaskan, sesuai jadwal pemberangkatan, jamaah haji untuk kloter 2 yang sehari sebelumnya dilepas di Mapolda Jabar, baru terbangkan ke tanah suci pada Jumat (4/8) pukul 15.45.

Untuk kloter 2 ini, lanjut Hotimul, ada tiga jamaah yang gagal diberangkatkan lantaran satu meninggal dan dua sakit. ”Sedianya 404 jamaah yang diberangkatkan, tapi ada tiga orang jamaah asal Kota Bandung gagal berangkat lantaran satu orang meninggal dan dua sakit,” jelasnya.

Dia mengimbau, seluruh jamaah calon haji Kota Bandung untuk tidak terpisah dari rombongan saat menjalankan ibadah di tanah suci. Hal ini agar para jamaah tidak tersesat saat berada di Makkah maupun Madinah.

”Intinya jangan sampai terpisah agar nanti nggak tersesat. Makanya ikuti rombongan karena di setiap kelompok itu ada petugasnya yang nanti akan mengarahkan dan membimbing jamaah selama ibadah haji,” urainya.

Sementara itu, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman melepas kepergian jemaah ke Tanah Suci. Dia pun turut mendoakan jemaah haji dan berharap jemaah haji di Tanah Suci bisa selamat dan beribadah secara lancar.

Selesai dilepas oleh Wakapolda Jabar, satu per satu bus berwarna biru meninggalkan halaman Mapolda Jabar. Kepergian jemaah haji diiringi oleh pengantar jemaah haji yang melambaikan tangan ke arah bus sebagai pertanda perpisahan sementara. Sehingga, suasana haru pun terlihat setelah ratusan jamaah haji tersebut mulai berangkat menuju Bekasi. (yul/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan