Tidak Berhenti di Gubernur

jabaekspres.com, BANDUNG – Banyak yang bertanya akan kemana Ahmad Heryawan berlabuh setelah selesai menjabat sebagai gubernur Jabar. Padahal, dengan kapasitasnya di kursi gubernur selama 2 periode, yaitu periode pertama 2008-2013 dan terpilih lagi di period ke dua 2013-2018, Heryawan masih berpotensi untuk naik lebih tinggi.

Berdasarkan konstitusi atau aturan negara Indonesia, seorang bisa menjadi gubernur maksimal 2 periode. Sehingga pria yang akrab disapa Aher itu tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai gubernur.

”Saya berpandangan, Aher cocok untuk menjadi menteri. Karena menjabat dua priode sebagai gubernur, maka Aher pasti paham betul pemerintahan,” tutur Pengamat Pemerintahan Universitas Bengkulu Fery Padli kepada Jabar Ekspres, baru-baru ini.

”Karena paham betul pemerintah, Aher cocok menjadi Mendagri,” sambungnya.

Meski begitu, sebagai ulama, Aher juga dipandang kompeten untuk menjadi dosen. Terlebih, Aher memiliki ilmu agama yang mendalam. Termasuk ilmu di bidang politik dan pemerintahan.

Soal politik dan pemerintahan, kata Fery, kapasitas Aher jauh melampaui dosen biasa. Sebab, dosen hanya bergelut dengan teori. Sedangkan Aher telah mendalami teori dan praktik selama 10 tahun.

”Sehingga Aher cocok untuk mengajar mata kuliah Pengantar Ilmu Politik, Administrasi Pemerintahan Daerah, hingga Pendidikan Agama Islam,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Aher juga bisa mendirikan Yayasan Aher Foundation. Yayasan ini bisa bergerak di bidang apa saja: bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, keagamaan dan lain-lain. ”Tergantung dengan minat Aher mau kemana,” ucapnya.

Di Bengkulu, kata dia, mantan bupati dua periode yang memiliki yayasan bergerak di bidang pendidikan. Dia memiliki sebuah universitas swasta yang peminatnya cukup banyak. Sampai-sampai disebut sebagai tokoh pendidikan.

Berkaca dari situ, jika Aher jadi penggagas sekolah gratis bertaraf internasional, tentu dia tidak hanya terkenal sebagai tokoh agama dan politik, tapi juga sebagai tokoh pendidikan Jawa Barat. ”Jika itu dilakukan, keren,” ucapnya lagi sambil menambahkan, Aher juga bisa menjadi penasehat gubernur.

Dari sekian banyak pilihan karir Aher pasca duduk di kursi gubernur, kata dia, ada satu pilihan yang bisa dilakukan yaitu menjadi presiden.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan