Terjebak Macet saat Mudik, Bhayangkari Lahir di Ruas Tol Cipali

jabarekspres.com, BANDUNG – Seorang ibu hamil melahirkan di dalam Bus Kiaraman saat bus melaju di Tol Cipali. Beruntung saat si ibu akan melahirkan polisi patrol melawati bus tersebut dan segera memberikan pertolongan pertama.

Kabid Humas Polda Jabar, Yusri Yunus mengungkapkan,  kejadian pada Minggu (2/7) pagi sekitar pukul 10.40 itu terjadi di KM 82 Tol Cipali.

”Pada saat melaksanakan patroli pemantauan arus lalu lintas melihat Bus Kiaramas berhenti di pinggir jalan kemudian melihat ada seorang ibu yang tergeletak di pinggir jalan hendak melahirkan,” ujar Yusri, kemarin

Dia mengatakan, ibu tersebut diketahui bernama Sugiati, 43, warga Desa Tulis Selo Piro RT 03/RW 03 Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sukiati, kata dia, lansung dievakuasi ke luar tol menggunakan kendaraan dinas Lantas ke rumah sakit Siloam Purwakarta.

Yusri menegaskan, Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti membantu langsung persalinan. Menurut Arman, Sukiati meminta bantuan sesama penumpang perempuan saat merasakan kontraksi hebat kandungannya saat bus melintasi KM 82 tol Cipali pada pukul 10.40.

”Dia meminta bantuan penumpang perempuan untuk membantu proses persalinan,” ujar Arman sambil menambahkan, bayi perempuan itu tersebut dinamai Bhayangkari Ramadhiya.

Menurut Arman, Sukiati tidak didamping oleh keluarganya saat menumpang bus Kiaramas dari kampung halamannya di Jawa Tengah menuju Jakarta. Beruntung, proses persalinan berjalan lancar sehingga anak dan Sukiati dalam kondisi sehat.

Beberapa saat setelah melahirkan, Arman yang datang ke tempat persalinan langsung mengevakuasi keduanya ke Rumah Sakit Siloam Purwakarta untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan.

Berdasarkan catatan, peristiwa seorang ibu melahirkan anaknya di tengah kemacetan tol saat arus mudik dan balik lebaran tahun ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Pada Jumat (30/6) yang lalu, NTMCPolri melaporkan seorang anggotanya bernama Bripda Lendra membantu seorang ibu melahirkan saat terjebak macet di tol Cikampek.

Lendra menuturkan usai salat Magrib, dia melakukan patroli rutin menyusuri kepadatan tol Cikampek menuju Jakarta. Ketika itu dia menemukan sebuah bus menepi di pinggir jalan tol, dengan muka para penumpangnya yang panik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan