Tembak Mati Tiga Pelaku Ranmor

jabarekspres.com, BANDUNG – Tiga pelaku spesialis pencurian kekerasan kendaraan bermotor lintas provinsi ditembak mati petugas Tim gabungan Unit III Subdit III Jatanras dan Reserse Mobile Polda Jabar, kemarin (19/11), sekitar pukul 02.00. Ketiga pelaku merupakan target operasi Polda Jabar, Metro Jaya dan Banten.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto di RS Sartika Asih, mengatakan, ketiga pelaku tersebut saat akan ditangkap di Jalan Damri, Cisaranten, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung. Namun pelaku melawan.

”Ketiga pelaku, selain melakukan pencurian bermotor juga kerap melakukan aksi perampokan minimarket 24 jam. Bahkan saat beraksi para pelaku kerap mempersenjatai senjata api dan senjata tajam,” papar Agung, kemarin.

Agung mengatakan, pelaku tewas di antaranya Rizwan alias Iwan, 24, Demon Alexander alias Alex, 29, dan Aprizal alias Isal, 19. Mereka diketahui kelompok Lampung. Saat ini, ketiga jasad kawanan itu berada di kamar jenazah RS Bhayangkara Sartika Asih.

”Pada saat akan ditangkap, mereka melakukan perlawanan dan terjadi baku tembak dengan petugas kami. Anggota kami melakukan tindakan tegas dan terukur yang mengenai badan pelaku. Ketiganya meninggal dunia saat dalam perjalanan menuju rumah sakit,” ungkapnya.

Agung memerinci, sebelum dilakukan penangkapan, ketiga pelaku itu baru selesai melakukan pencurian dua kendaraan motor hasil curian di wilayah Bandung. Selain itu, para pelaku juga kerap melukai para korbannya apabila melakukan perlawanan.

Lebih lanjut lagi Agung juga mengungkapkan, ketiga pelaku dua di antaranya merupakan residivis atas kasus yang sama. Dalam setiap aksinya mereka tak segan-melukai korban dengan senjata api yang kerap di bawa dan senjata tajam. ”Dulu tahun 2015, mereka juga sempat baku tembak dengan anggota kita,” jelasnya.

Dari tangan para pelaku, kata Agung, pihaknya mendapatkan sejumlah barang bukti yang diamankan, yakni, satu mobil, dua motor hasil curian, dua senjata api rakitan jenis Revolver berikut dengan peluru, satu kunci Letter T, 10 kunci astag dan satu senjata tajam jenis golok.

”Ketiga jasad tiga pelaku curanmor saat ini berada di RS Sartika Asih, untuk dilakukan identifikasi dan pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya. (yul/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan