Telkom Salurkan Rp 360,92 Miliar Pinjaman bagi 10.956 UKM

bandungekspres.co.id, JAKARTA –  Community Developement Direktorat Human Capital Management PT Telkom konsisten membina sekaligus menyalurkan dana pembinaan hingga ratusan miliar kepada puluhan ribu usaha kecil menengah (UKM) binaannya.

Mochammad Sulthonul Arifin, Senior General Manager Community Development PT Telkom mengatakan, dalam penyaluran pinjaman lunak, pihaknya tahun lalu menyalurkan kredit Rp 360,92 miliar kepada 10.956 UKM binaannya.

Untuk tahun 2017 ini, menurut Sulthon, angka penyaluran masih dalam perencanaan namun proyeksinya akan sama atau melebih tahun sebelumnya. ”Dengan demikian, penyaluran kredit lunak tetap masif dan sejalan dengan upaya pembinaan kepada UKM binaannya,” kata dia belum lama ini.

Dia menjelaskan, selain pinjaman lunak, upaya pembinaan terbaru adalah melibatkan 150 UKM binaan terpilih dalam ajang Telkom Craft Indonesia bertemakan Local Heroes to Global Champions  di Hall A Jakarta Convention Center, Jakarta, 10-12 Maret ini, yang dibuka Menneg BUMN Rini Soemarno.

UMKM pilihan karena merupakan hasil seleksi dengan kriteria Tiga Go: Go Modern, Go Digital, dan Go Online. Jadi, kata dia, salah satu parameternya adalah produknya sudah dipasarkan secara daring di blanja.com.

”Ada tiga jenis UKM yang ikut hadir Telkom Craft yaitu kerajinan, fashion, dan makanan. Ini wujud nyata kami selalu berupaya meningkatkan kualitas UKM di Indonesia sekaligus implementasi program Rumah Kreatif BUMN dengan UKM dari seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sulthon menerangkan, Rumah Kreatif BUMN berusaha mengikis kesulitan klasik UKM Indonesia. Yakni permasalahan acces to competence (bimbingan standar pengembangan produk, kualitas, manajemen, dan teknologi), acces to commerce (bimbingan akses ke pasar lebih luas melalui penjualan online), dan acces to capital (bimbingan mendapatkan akses permodalan).

”Karena itulah, teknologi digital diterapkan ke UKM yang ikut pameran ini. UKM tidak lagi manual, mereka digiring menggunakan teknologi digital setelah menjadi binaan kami. Usaha mikri mendapat referensi bisa menghasilkan produk berkelas dunia,” katanya.

Salah satu teknologi yang diperkenalkan selain jadi penyedia di blanja.com, juga dikenalkan sistem pembayaran daring melalui Telkomsel Cash (TCash). Uang elektronik Telkomsel ini dapat dijadikan deposit serta digunakan untuk semua transaksi. (rls/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan