Telkom-Fujitsu Kembangkan Solusi Digital Berbasis IoT

jabarekspres.com, BANDUNG – Telkom Indonesia melalui Divisi Digital Service-nya menggandeng Fujitsu Limited mengeksplorasi solusi digital berbasis Internet of Things (IoT). Kerja sama ini untuk menciptakan bisnis digital yang memanfaatkan infrastruktur jaringan tingkat lanjut di Indonesia. Solusi tersebut meliputi berbagai bidang, termasuk di antaranya pengembangan pembangunan kota cerdas (smartcity), bidang kesehatan, manufaktur dan logistik.

Telkom dan Fujitsu, melalui Fujitsu Indonesia, akan melakukan riset pasar, membuat perencanaan dan melakukan peninjauan terhadap solusi-solusi digital yang memanfaatkan kekuatan masing-masing perusahaan, kemudian dari hasil yang didapat, keduanya akan bersinergi melakukan pengembangan, verifikasi, dan penciptaan bisnis-bisnis digital baru berbasis IoT.

”Saat ini Telkom mengelola enam produk portofolio yaitu mobile dengan pelanggan lebih dari 160 juta, fixed voice dan fixed broadband, wholesale dan international dengan kantor representatif di 10 negara, network infrastructure, enterprise dari mulai UKM sampai multinational company dan consumer. Dengan semakin umumnya penggunaan smartphone dan perkembangan jaringan broadband yang memungkinkan komunikasi berkapasitas tinggi dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan peningkatan tajam penggunaan internet di Indonesia. Hal itu memungkinkan diimplementasikannya solusi digital berbasis IoT di berbagai bidang di Indonesia.” ujar EGM Telkom Divisi Digital Service, Arief Musta’in dalam keterangannya baru-baru ini.

Sementara Corporate Executive Office SVP, Head of social infrastructure Business Fujitsu Limited, Fumihiko Tezuka mengatakan, Fujitsu dengan pengalaman bisnis 80 tahun di bidang informasi dan teknologi komunikasi (ICT) di lebih dari 100 negara dapat menularkan pengalamannya untuk mensolusikan berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia berbasis teknologi IoT, apalagi proses digitalisasi masyarakat di Indonesia diperkirakan terus bertumbuh. (rls/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan