Teh Nia: Kader PKK Harus Sejahtera

jabarekspres.com, SOREANG -Memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-45 tingkat Kabupaten Bandung 2017, dilaksanakan gedung Moh Toha Komplek Pemkab Bandung, baru-baru ini. Dalam momen ini PKK mengusung tema akselerasi program-program PKK untuk mewujudkan visi dan misi gerakan PKK.

“Gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh, dan untuk masyarakat. Tentunya  menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak  mulia, berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan,”kata Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj Kurnia Dadang Naser, usai acara.  Dia menjelaskan, pencapaian tujuan yang mulia dari gerakan PKK tersebut sangat tergantung kepada peran segenap pengurus dan anggota PKK disebuah tingkatan kewilayahan bahkan sampai kader. Berada di garis paling depan dalam menggerakan membimbing dan membina masyarakat. Kedua, kepada dasar pelaksanaan berdasarkan surat dari Menteri Dalam Negeri Nomor: 414/993/53 perihal Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 tahun 2017.

“Jadi maksud dan tunjuan dari PKK tahun 2017 tersebut adalah memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat yang sudah dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat diseluruh pelosok tanah air,”jelas Nia.

Untuk meningkatkan semangat pengabdian dan motivasi bagi tim penggerak PKK maupun Kader PKK disemua jenjang.

Sejarah singkat Gerakan PKK, PKK yang merupakan gerakan pembangunan masyarakat bermula dari seminar Ilmu Ekonomi di Bogor pada tahun 1957, yang menghasilkan rumusan 10 segi kehidupan keluarga.

“Kemudian ditindak lanjuti oleh kementrian pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan pada tahun 1961 yang menetapkan 10 segi kehidupan keluarga sebagai kurikulum pendidikan, kesejahteraan keluarga yang di ajarkan di sekolah-sekolah oleh pendidikan masyarakat sampai sekarang,”tambah Nia.

Acara tersebut dihadiri Sekertaris Daerah Kabupaten Bandung, Pimpinan atau anggota DPRD Kabupaten Bandung, OPD se-Kabupaten Bandung, para camat se-Kabupaten Bandung, Pimpinan Organisasi Wanita se-Kabupaten Bandung, Keluarga Besar tim penggerak PKK Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Bandung.(mg05/gun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan