Tata Motors Bantu Alutsista Pindad

BANDUNG – Produsen ken­daraan bermotor asal India, Tata Motors menegaskan nota kesepahaman dengan PT Pindad untuk pengadaan Alut­sista sudah ditandangani kedua belah pihak di India. Dipasti­kan, kerjasama di bidang ke­tahanan ini akan terkonsen­trasi pada ekspor kendaraan amfibi dan truk pengangkut militer di medan tempur.

”Sejauh ini kerjasama baru memasuki tahap pengembangan, namun bisa dipastikan Tata Mo­tors akan mendukung produksi alutsista berupa kendaraan peng­angkut dan truk amfibi dengan bidikan pasar ekspor,” ujar Kiki Fajar, public Relation and Corpo­rate Communication Head PT TMDI di Bandung kemarin (18/12).

Terang Kiki, sementara ini Tata Motors baru menyerah-kan beberap prototipe jen­daraan militer yang nanti akan dikolaborasikan. Namun Kiki menandaskan, kerjasama ini diharapkab dapat mendongkrak kiprah PT Pindad sebagai BUMN produsen alutsista dan ken­daraan militer.

Tak sebatas bersinergi, ke­mitraan ini juga memuat misi alig teknologi menuju sarana militer yang lebih mo­dern. ”Diharapkan, Tata Mo­tors juga bisa membantu utilitasi pemasaran Pindad di seluruh dunia. Dalam hal ini kami tak hanya berperan sebagai produsen komersial, namun juga mengambil andil dalam kepentingan masyara­kat banyak,” katanya.

Di lain pihak, Tata Motors juga mengamini, persaingan di segmen kendaraan niaga semakin bergairah dengan adanya merek Tata Motors.

“Sejak 2015 kami fokus bermain di segmen ken­daraan niaga. Pick up kami telah diterima dengan baik. Begitupun Truck Tata Prima series dan Tata Ultra yang mulai dilirik menjadi pri­madona baru truck tambang dan truk logistik,” katanya.

Ucapnya, membaiknya harga komoditas pertambangan dan perkebunan termasuk transportasi umum, konstruksi dan infrastruktur, mendorong membaiknya pasar ken­daraan niaga di tahun ini.

“Apalagi dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce yang memicu geliat bisnis logistik, informasi kendaraan niaga semakin menarik dip­erhatikan,” ujar Wilda Bach­tiar, CV Marketing Manager TMDI. (nif/rmo/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan