Tanamkan Pola Hidup Sehat dari Keluarga

jabarekspres.com – RIBUAN warga tumplek di Halaman Gedung Sate, kemarin (12/11). Mereka ikut serta dalam sosialisasi pentingnya kesehatan sebagai modal utama dalam beraktivitas yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional HKN ke-53.

Sri Sudartini, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, sekaligus ketua pelaksana acara HKN ke-53 menegaskan, prilaku sehat dimulai dari diri sendiri. ”Dari hari ini sampai selanjutnya, kita harus membiasakan prilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri. Makanya, sebagai pendorongnya, kami mengambil tema Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku,” papar Sri kepada Jabar Ekspres di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, kemarin.

HKN Ke-53 jabar
AA UKUR YA NENG: Seorang pengunjung tampak dibantu saat proses pengukuran tinggi badan dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Halaman Gedung Sate, kemarin (12/11). Tak kurang dari sekitar 2.000 orang warga ikut serta dalam sosialisasi kesehatan sejak dini

Menurut dia, HKN Ke-53 sekaligus ajang untuk menyosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat. Hal itu ditekankan dalam impres  nomor 1 tahun 2017 itu ada pesan tentang hidup sehat.

”Tahun ini kita fokus dulu di tiga pesan. Yaitu harus bergerak minimal 30 menit dalam satu hari, membiasakan makan buah dan sayur dan ke tiga memeriksakan kesehatan secara rutin,” urainya.

HKN Ke-53 jabar
PERIKSA DARAH: Sejumlah warga juga tampak memeriksakan darah mereka sebagai bagian upaya mendeteksi penyakit sejak dini.

Sri mengungkapkan, masyarakat harus bisa mengenali penyakit sejak dini. Sebab, sehat itu jangan sampai bersyarat.

Di sisi lain, HKN ke-53 ini sangat menarik antusias warga sekitar, dari akademisi, praktsi kesehatan, hingga masyarakat. Terbukti dari banyaknya warga yang mengikuti acara dari awal hingga akhir. Ditambah warga pun memadati stan-stan kesehatan yang disediakan Dinkes Jabar. ”hari ini kita kedatangan lebih dari 2.000 peserta,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dr Dodo Suhendar MM mengatakan, HKN jadi momentum untuk mengingatkan sadar kesehatan semua melalui keluarga. Kemudian, menyebar ke masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan