Takkan Mudah Jadi Legenda

jabarekspres.com – SELANGKAH lagi Petr Cech jadi legenda. Asalkan, dini hari nanti WIB Cech bisa mengawal gawangnya kembali clean sheet seperti dua pekan terakhir Premier League. Ya sekali lagi main tanpa kebobolan, maka penjaga gawang berusia 35 tahun tersebut akan jadi kiper pertama yang mampu menyentuh 200 clean sheet di Premier League.

”Saya harap itu akan terjadi melawan Liverpool,” harap Cech, dikutip Express. Tapi apa yang diharapkan Cech takkan semudah dia berkata. Faktanya, pensiunan kiper timnas Ceko itu tak banyak mencatatkan clean sheet ketika berhadapan dengan The Reds. Entah saat masih jadi kiper di Chelsea, atau tiga musim terakhir bersama The Gunners.

Dari 22 laga Premier League-nya melawan Liverpool, Cech sudah kebobolan 30 gol, per laga bisa kebobolan lebih dari satu gol. Clean sheet-nya? Hanya tujuh kali. Rata-ratanya sukses clean sheet hanya 31,8 persen. Bahkan, dari lima kali dia mengawal gawang Arsenal cuma satu kali clean sheet dia lakukan.

Empat laga terakhir, kebobolan 14 gol. Jumlah kebobolannya bisa saja bertambah seperti terakhir dihabisi empat gol di Anfield, 27 Agustus lalu. ”Saya bangga dengan rekor. Saya masih  ingin lebih banyak lagi (clean sheet),” koarnya. Di balik rekor clean sheet-nya selama 13 tahun, Cech menyebut ada tiga legenda di balik performanya.

Siapa ketiga legenda itu? Peter Schmeichel, Edwin van der Sar, serta Iker Casillas. Cech, dalam wawancaranya kepada situs resmi klub mengungkapkannya. ”Peter Schmeichel, sebab di saat dia masih di Manchester United, dia panutan semua penjaga gawang, termasuk saya,” ucap Cech.

Sementara, ada memori masa mudanya ketika dia menyebut Van der Sar sebagai penjaga gawang inspirasinya. ”Semasa saya di Ajax, tim memanfaatkannya layaknya seorang bek ketika tim memerlukannya untuk mempertahankan penguasaan bola. Bukan sekedar goal kick ataupun menyelamatkan bola,” tambahnya. (ren/ign)

Clean Sheet Terbanyak Premier League

Laga                     Clean-sheet    Clean-sheet (Persen)
Petr Cech                      420          199         47.4
Pepe Reina                    285          134         47.0
Edwin van der Sar         313          132         42.2
Peter Schmeichel           310          128         41.3
David Seaman               344          140         40.7
Carlo Cudicini                161           64          39.8
Tomasz Kuszczak           63            25          39.7
Manuel Almunia            109           43          39.4
Bobby Mimms                61            24          39.3

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan