Tak Perlu Antre Bikin Paspor

jabarekspres.com, BANDUNG – Masyarakat yang akan pergi keluar Negeri tak perlu lagi antre ketika ingin memohon untuk pembuatan Paspor. Sebab, Kantor Imigrasi Kelas 1A Bandung telah membuat kemudahan dengan membuat aplikasi berbasis android.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1A Bandung, Maulia Purnamawati mengatakan Aplikasi ini sengaja dirancang dan disusun untuk masyarakat yang akan membuat Paspor. Sehingga ketika mereka melakukan pendaftaran tidak perlu antre lagi.

”Jadi aplikasinya ini bisa didownload terlebih dahulu dengan menggunakan smartphone berbasis Android,” ucap Mulia ketika ditemui di Kantor Imigrasi Kelas 1A Bandung, kemarin (8/8).

Menurutnya, penggunaan aplikasi dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan paspor. Sehingga, ketika masyarakat mendaftar melalui aplikasi itu tinggal datang ke loket dengan membawa berkas dan persyaratan yang diperlukan.

Selain itu, kemudahan lainnya konsumen dapat melakukan pendaftaran di mana saja. Bahkan untuk waktu seperti hari, tanggal dan jam bisa ditemukan sendiri. ”Jadi ini sangat fleksibel kan, masyarakat biasanya sibuk jadi bisa tentukan waktunya sendiri berdasarkan keinginan,” jelas Mulia.

Dirinya mengatakan, untuk pendaftarannya sebetulnya cukup simpel. Yakni dengan login terlebih dahulu, sekaligus mengisi bio data pribadi di kolom aplikasi yang telah disediakan. Selanjutnya, bisa datang langsung ke kantor imigrasi memverifikasi di loket yang telah bertanda khusus untuk online.

Bahkan semenjak diluncurkan dua hari lalu, kini pemohon Paspor melalui aplikasi sudah ada yang menggunakan. Mulia menambahkan, Aplikasi ini merupakan permohonan pendaftaran untuk mempersingkat antrean. Sehingga, harapannya akan mempermudah dan mempercepat permohonan yang setiap bulanya pengajuan paspor yang dilakukan masyarakat selalu mengalami kenaikan.

”Hari ini sudah 85 pemohon yang terkoneksi di kantor imigrasi Kelas 1A Bandung dengan pelayanan dilakukan selama enam jam untuk memproses pemohon melalu aplikasi online tersebut,” pungkasnya. (yan/ign)

Tinggalkan Balasan