Tak Ada Dana 8 Tahun Terbengkalai

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi akan melanjutkan rencana pembangunan gedung C yang sempat terbengkalai selama 8 tahun.

Direktur RSUD Cibabat dr Trias Nugrahadi mengatakan setelah Provinsi Jawa Barat memberikan kucuran dana tambahan sebesar Rp56,341 Miliar. Pihaknya akan melanjutkan kembali pembangunan dengan tahap awal memeriksa kontruksi pada lantai dasar.

”Karena sudah hampir 8 Tahun terbengkalai, maka kita akan periksa dulu apakah lantai dasarnya masih kuat dan bisa dilanjutkan dengan menahan 6 lantai keatas,” kata Direktur RSUD Cibabat dr Trias Nugrahadi, di sela-sela peringatan Hari Jadi RSUD Cibabat ke 68 dan pemberian penghargaanSertifikat Akreditasi Rumah Sakit berupa tanda lulus Paripurna Bintang Lima, sertifikat dikeluarkan Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Dijelaskannya, dari penambahan gedung yang akan dilanjutkan pembangunannya tersebut berkapasitas 400 tempat tidur yang otomatis akan memerlukan sumber daya manusia (SDM). Namun Trias mengaku, pihaknya bersama Pemerintah Kota Cimahi sedang menyiapkan SDM yang mumpuni sehingga bisa memberi pelayanan yang terbaik.

”Jumlah tenaga kerja yang ada sekarang baru 820 orang, yang diperkirakan 73 % tenaga medis dan 27% non medis,” jelasnya di Gedung RSUD Jalan Amir Machmud Kota Cimahi,Sabtu (21/1).

Dengan dijadikannya RSUD Cibabat sebagai RS Regional lanjut Trias, pihaknya bekerjasama dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dan RS Mata Cicendo mempunyai program AcademicHealth System (AHS) sebagai ujung tombak mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. “Kami bekerjasama, berkolaborasi membentuk para tenaga ahli, dan pelatihan-pelatihan perawat yang akan dibantu dari RSHS. Mencetak tenaga ahli memerlukan beberapa waktu maka kita akan bekerja bersama dari mereka masuk kesini dan kita akan menyekolahkan,” lanjutnya.

Apalagi setelah selesai pembangunansemakin banyak kebutuhan khususnya dari bebagai pelayanan yang dilakukan diberbagai tingkat ditambah dengan rencana kerja ekcentre. “Tetapi hal itu sudah kami bicarakan dengan pihak RSHS, fakultas kedokteran sehingga kebutuhan kebutuhan secara instan awal dulu,” ujarnya.

Di tempat sama Plt. Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan di usia yang ke-68 ini, RSUD Cibabat bisa semakin meningkatkan pelayanan terhadap pasien. Peningkatan pelayanan dan peningkatan profesionalisme para tenaga pegawai RSUD Cibabat, kata Sudiarto, harus selalu menjadi acuan dari setaip diri yang terlibat dalam roda rumah sakit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan