Swedia-Bandung Akan Pererat Hubungan Bilateral

jabarekspres.com, BANDUNG-Kunjungan ke­negaraan yang pertama kalinya oleh Negara Swedia diharapkan dapat memperkaya dan mem­pererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Swedia.

Kunjungan itu mencangkup 3 kota di Indonesia masing-masing Jakarta, Bogor dan Bandung, mulai 22-24 Mei 2017.

Pemerintah Swedia diwakili Menteri Infrastruktur Anna Johansson. Delegasi bisnis yang terdiri dari 31 perusahaan dengan omset tahunan 330 mi­lyar USD, akan mengikuti Raja dan Ratu dalam kunjungan ini.

FAJRI ACHMAD NF / JABAR EKSPRES BERTEMU VIKING: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mempersilakan Raja Swedia Carl XVI Gustaf untuk berfoto bersama Viking Bobotoh Persib di Pendopo Bandung.
FAJRI ACHMAD NF / JABAR EKSPRES
BERTEMU VIKING: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mempersilakan Raja Swedia Carl XVI Gustaf untuk berfoto bersama Viking Bobotoh Persib di Pendopo Bandung.

”Di Bandung bertemu Ridwan Kamil dan berkunjung ke mu­seum Asia Afrika dan bertemu dengan klub sepakbola lokal Persib. Raja dan ratu juga ber­temu dengan perkumpulan pelajar Indonesia alumni Swe­dia di ITB, dimana Swedish Institut dan LPDP akan me­nandatangani sebuah MOU dan meluncurkan portal Lin­kedIn sweden-indonesia con­nect untuk menghubungkan alumni dengan perusahaan Swedia di Indonesia,”kata Anna saat di temui di Pendopo kota Bandung jalan Dalam Kaum, Bandung, belum lama ini.

Duta besar Swedia untuk Indonesia, Johanna Brismar Skoog mengatakan Swedia dan Indonesia memiliki hubungan yang dekat dan baik. Kunjungan kenega­raan yang pertama kali ini merupakan bukti akan hu­bungan ini dan juga batu loncatan bagi kedua ne­gara demi meningkatnya kerjasama lebih mendalam.

Untuk menutup kunjungan kenegaraan tersebut raja dan ratu akan mengikuti sesi akhir dari seminar. Yakni menge­nai model Tripel helix di ITB yang diselenggarakan ber­sama Lund University. Tu­juan seminar ini adalah un­tuk menciptakan lingkungan yang terbukti sangat berhasil bagi bisnis dan taman sains Swedia. Dalam kesempatan itu acara dihadiri Menteri Bapennas Bambang Brodjo­negoro. Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan kunjungan Raja Swedia mer­upakan kunjungan yang sangat berharga. Sesuai dengan kepakaran yang ada di ITB pihaknya akan mengembang­kan kerjasama khususnya di bidang Sainstek. Swedia kata RK, sapaan Ridwan Kamil, salah satu negara yang juga memiliki kemajuan tekno­logi yang canggih. Sehingga kita bisa belajar dari sana untuk hal-hal yang bisa kita pelajari yang nanti akan kita aplikasikan banyak topik yang bisa kita kembangkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan