Sumedang Butuh 16.000 PJU Lagi

SUMEDANG – Ruas jalan di Kabupaten Sumedang, hingga kini baru memiliki 4.086 unit Penerangan Jalan Umum (PJU). Padahal, keberadaan PJU di sepanjang ruas jalan Sumedang mencapai 20.000 unit.

Saat ini, Sumedang masih kurang 16.000 unit PJU. Kondisi ini, pun membuat sejumlah ruas jalan Sumedang minim penerangan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang Surrys Laksana Putra mengatakan, faktor anggaran menjadi kendala utama kenapa banyak jalan di Sumedang yang belum terpasang PJU. “Kebutuhan PJU untuk seluruh jalan di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang saat ini sekitar 20 ribuan unit dan kondisi exsiting saat ini baru sekitar 4.086 unit saja,” kata Surrys, baru-baru ini.

Jalan yang telah terpasang PJU, kata dia, mencakup jalan nasional, provinsi dan jalan kabupaten. Masih banyaknya jalan yang belum terpasang PJU, menyebabkan banyaknya pengaduan dari masyarakat ke dishub terkait jalan yang gelap saat malam hari.

Namun demikian, pihaknya tak bisa berbuat banyak karena anggaran yang memang tak ada. “Sebenarnya setiap tahun kita mengganggarkan dana untuk pemasangan PJU, namun karena anggaran terbatas cuma beberapa ruas jalan saja yang terpasang PJU,” ujarnya.

Diakui Surrys, untuk pemasangan satu titik PJU dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Belum lagi, biaya pemeliharaan PJU. Kemudian juga bila ada lampu yang mati, anggaran perbaikannya juga cukup besar.

Sementara itu, menurutnya, untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2013-2018, targetnya sebanyak 3.750 unit. Namun hingga akhir tahun 2017 ini, baru terealisasi sekitar 1.755 unit saja sehingga masih kekuraan 1.995 unit.

Disebutkannya, untuk tahun 2018 kemungkinan hanya bisa terpasangan sekitar 265 unit. Sehingga target untuk program PJU ini sesuai RPJMD dipastikan tak akan tercapai. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan