Studi Komparatif Tingkatkan Mutu Pelayanan Dewan

jabarekspres.com, MALANG – Sekretariat Dewan (Setwan), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi lakukan studi komparatif ke Setwan Kota Malang, Kamis (7/12). Studi banding tersebut terkait dengan tugas kehumasan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setwan Kota Cimahi Yanuar Yusuf mengatakan, studi banding ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan. Nantinya apa hasil dari kegiatan tersebut akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik.

”Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya,” ujar Yusuf usai bertemu Kasubag Umum Setwan DPRD Kota Malang, di Gedung DPRD Kota Malang Jalan Tugu Malang, belum lama ini.

Menurut Yanuar, studi banding ini selain untuk menambah wawasan, juga untuk peningkatan mutu pelayanan dimasing-masing daerah. Sebab dengan studi banding ini, kedua belah pihak bisa saling berdiskusi dan bisa mengambil hal-hal yang baik untuk menutupi kekurangan masing-masing daerah.

”Kita sharing. Lalu masing-masing bisa mengambil hal yang baik dari kedua belah pihak. Cimahi bisa mengambil hal yang baik yang sudah dilakukan Malang. Begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

Sebelum melakukan studi banding lanjut Yanuar, pihaknya melakukan tinjauan dan evaluasi internal, mengenai mana saja yang akan dikembangkan dan dinaikan progresnya. Setelah itu dibuat draft list secara terstuktur sesuai dengan jadwal ditentukan.

”Tujuan utamanya adalah menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa didapat secara teknis real dan empiris khususnya dibidang kehumasan. Dan dari situ kita bisa jadikan barometer dan pembanding yang kemudian masuk untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk plan ke depan dalam jangka pendek dan jangka panjang secara futuristik,” bebernya.

Kasubag Umum Sekretariat DPRD Kota Malang Farid Wahyudi, mengaku pihaknya baru pertama kali menerima kunjungan rombongan melakukan studi komparatif terkait dengan tugas-tugas kehumasan.

”Alhamdulillah, kami disini bisa mengambil contoh hal yang baik dari Kota Cimahi. Dan silahkan pula Cimahi bisa mengambil apa yang sekiranya sudah bagus dari kami,” katanya.

Sementara saat disinggung terkait penyebarluasan informasi kegiatan DPRD dan hubungan humas dengan para awak media Kota Malang, Farid menjelaskan selain ada kerjasama dengan sejumlah wartawan mereka juga memanfaatkan web dan media sosial untuk penyebaran informasinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan