Strategi jitu Bawa Marquez Juarai MotoGP Rep. Ceko

jabarekspres.com – Dalam balapan flag-to-flag, Marc Marquez berhasil menjuarai MotoGP Republik Ceko. Strategi untuk mengganti motor lebih awal berbuah hasil manis.

Meskipun cuaca cerah, tapi Race Direction menyatakan wet race di Brno. Para pembalap pun memakai ban basah. Kendati demikian, di beberapa area tampak trek mulai mengering.

Selepas start, Marquez melesat ke depan, diikuti Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi. Satu lap berikutnya, Lorenzo mengambil alih pimpinan balapan, sedangkan Marquez mulai kehilangan banyak posisi.

Lap 3, Lorenzo masih memimpin dan Marquez melorot turun di posisi ke-10. Sadar trek sudah mengering, juara dunia bertahan itu memutuskan masuk ke pit lebih awal untuk mengganti motornya. Dan strategi jitu pembalap Repsol Honda inipun terbayar lunas.

Mulai dari Lap 6 hingga berakhirnya balapan, Marquez tak mendapat perlawanan berarti. Sempat di belakang rookie Johann Zarco, tapi dengan mudahnya Marquez merebut posisi teratas. Keunggulan lebih dulu memakai ban kering jelas sangat menguntungkan pembalap Spanyol itu.

Sementara dua rival utama Rossi dan Dovizioso, boleh dibilang sedikit terlambat masuk ke pit untuk mengganti motor, yakni pada Lap 5. Begitu pula dengan Maverick Vinales. Meskipun ketiga pembalap menemukan kecepatan saat kembali balapan, tapi mereka tak mampu mengejar ketertinggalan dari Marquez.

Apalagi ketika memasuki Lap 8, Marquez telah unggul jauh di depan. Tidak tanggung-tanggung sampai 19 detik lebih. Sementara pada saat yang sama, Rossi tercecer di posisi ke-13, sedang menguntit di belakang pembalap KTM, Pol Espargaro.

Dengan dominasi Marquez di depan, maka pertarungan seru justru beralih pada perebutan podium dan barisan tengah. Di antaranya duel yang melibatkan Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Rossi dan Dovizioso.

Balapan akhirnya dimenangi Marquez, dengan keunggulan lebih dari 12 detik atas rekan setim Dani Pedrosa. Walau finis kedua, tapi pembalap Spanyol ini membawa Repsol Honda menguasai podium 1-2, dan sekaligus mengungguli Vinales yang finis ketiga.

Posisi keempat ditempati Rossi, usai bertarung cukup ketat melawan Crutchlow hingga lap terakhir. The Doctor memang tak naik podium. Akan tetapi, penampilannya layak mendapat acungan jempol, mengingat ia sempat tercecer di posisi ke-13 usai berganti motor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan