Stok Vaksin Difteri Aman

Bandung – Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F. Moeloek memastikan, pasokan Anti Difteri Serum atau ADS dan vaksin imunisasi untuk pencegahan difteri aman.

Menurutnya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi vaksin yakni PT Bio Farma (Persero) juga siap memproduksi sesuai kebutuhan yang diminta. ”Jadi ADS ada, dari Biofarma. Memang (ADS) itu impor, tapi kami sudah berkoordinasi dan mereka (Biofarma) menyediakan. Mudah-mudahan cukup,” kata Nila di Jalan Pasteur, Kota Bandung, kemarin (14/12).

Dikatakan Nila, mengenai kebutuhan serum ADS, prosedur permintaan dilakukan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten/kota kepada Dinkes provinsi. Selanjutnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan membantu jika di lapangan terkendala ketersediaan serum.

”Surat (permintaan ADS) tentu tidak ke pusat. Tapi, ke kepala dinasnya. Dari dinas kesehatan memang mereka menyediakan. Kami bantu ke dinas kesehatan yang memerlukan. Jadi saya kira laporannya dari para kepala dinas,” jelasnya.

Dikatakan Nila, sebenarnya setiap dinas pasti memiliki persedian serum ADS tersebut. Namun, terkadang stok serum ADS yang dimiliki tidak mencukupi. ”Nah, itu yang mereka mintakan kembali, jadi kami bantu lagi dengan bekerjasama dengan Biofarma. Biofarma sudah oke kok, mau memberikan. Artinya insya Allah (stok, Red) ada,” jelasnya lagi.

Nila memaparkan, penetapan difteri sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) di beberapa daerah sebenarnya agar obat yang dibutuhkan bisa dikirim dengan cepat.

”KLB itu kan kalau ada satu kasus saja, itu kita sebut KLB, itu adalah early warning. Jadi bukan wabah, ini. Ini saya luruskan, ya,” tegasnya.

Untuk itu, penanganan dini terhadap kasus difteri mengedepankan tindakan pencegahan melalui imunisasi massal atau Outbreak Response Immunization (ORI). Meski begitu, jika terdapat satu kasus saja, maka penderita difteri tersebut akan segera dikenakan penanganan khusus. ”Jadi kita tahu ada satu kasus, langsung sergap, gitu istilahnya. Jadi kita lakukan ORI, sudah dilakukan,” pungkasnya. (mg1/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan