Stadion Patriot Bekasi Dijadikan Rebutan

MEGAH : Stadion Patriot yang terletak di Kabupaten Bekasi yang menjadi rebutan 4 klub liga 1 dan 2 untuk dijadika Basecame pada setiap pertandinga kandang.

jabarekspres.com, JAKARTA – Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 2017 akan segera bergulir. Namun, ada beberapa klub yang harus merasakan menjadi tim musafir, ‘terusir’ dari kota asalnya.

Kasus paling menarik melibatkan Stadion Patriot yang terletak di Bekasi. Setidaknya ada empat klub yang juga mau bermarkas di sana yakni Bhayangkara FC, dan dua tim Liga Nusantara: Patriot Candrabhaga FC serta Persipasi Bekasi.

Masih belum jelas siapa di antara Persija atau Bhayangara FC yang akan bermarkas di sana karena Kadispora Kota Bekasi menolak dua klub Liga 1 menggunakan stadion tersebut.

Setelah sempat berpindah-pindah home base, Persija Jakarta akhirnya mendapatkan markas baru yang tidak terlalu jauh dari ibu kota. ‘Macan Kemayoran’ akan berkandang di Stadion Patriot, Bekasi.

Dua musim lalu, Persija juga merasakan menjadi tim ‘musafir’ lantaran Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sedang direnovasi. Alhasil, mereka pindah ke Stadion Manahan Solo.

Berpindahnya dari Solo ke Bekasi tentunya memberikan dampak negatif bagi Persija. Mereka tidak mendapatkan dukungan langsung dari para suporternya, The Jakmania, yang berimbas kepada pemasukan uang dari penjualan tiket pertandingan.

“Alasannya pilih Stadion Patriot karena memang jaraknya dekat dengan Jakarta,” ujar Direktur Persija Jakarta, Gede Widiade.

Namun begitu, ada masalah harus dihadapi oleh Persija. Sebabnya, Persija harus memperebutkan Stadion Patriot dengan tiga klub lainnya, Bhayangkara FC, dan dua tim Liga Nusantara: Patriot Candrabhaga FC serta, Persipasi Bekasi.

Kabar terakhir menyebutkan Kadispora Kota Bekasi tidak memberikan izin untuk kedua klub Liga 1 tersebut secara bersamaan menggunakan Stadion Patriot Bekasi. Alasannya, mereka akan memakai stadion itu selama satu musim.

Lalu ada juga Persiba Balikpapan yang terpaksa pindah ke Pulau Jawa. Klub tersebut akan bermarkas di Stadion Gajayana, Malang.

Menjadi tim ‘musafir’ kedua di Liga 1. Mereka harus ‘angkat kaki’ dari Balikpapan lantaran home base Stadion Batakan sedang direnovasi.

Untuk sementara waktu, Persiba memilih berkandang ke Stadion Gajayana, Malang. Tempat yang sangat jauh dari pulau Kalimantan.

Persiba memiliki pertimbangan dalam menentukan Stadion Gajayana sebagai markas mereka. Efisiensi dalam pembiayaan terutama di saat laga away menjadi salah satu alasannya. Sebab, di Jawa Timur setidaknya ada empat tim yang tampil di Liga 1, yaitu Arema FC, Madura United, Persela Lamongan dan Persegres Gresik United.

Namun menjadi tim musafir, Persiba harus merasakan kerugian yang cukup besar. Dari segi ekonomi, pemasukan mereka tentu akan berkurang karena minimnya suporter.

Selain itu, mental bertanding para pemain juga diperkirakan akan menurun karena mereka tampil tanpa dukungan dari para suporter.

Tapi bagi pelatih, Timo Scheunemann, tak mau menjadikan hal itu sebagai alasan. Meski diakuinya banyak dampak yang dirasakan timnya setelah menjadi tim musafir nantinya, dia optimistis Persiba bisa berprestasi.

“Persiba akan tetap berusaha semaksimal mungkin di Liga 1, walaupun harus bermain di luar Balikpapan,” kata Timo.

Selain Persija dan Persiba, Perseru Serui hampir menjadi tim musafir. Stadion Marora home base mereka dinilai tak lolos verifikasi, salah satunya dari segi akses transportasi.

Namun, mereka kini bisa bernafas lega. Sebab PSSI sudah mengizinkan Perseru berkandang di rumahnya setelah pemerintah daerah Serui memberikan jaminan kemudahan transportasi.

Di sisi lain, dua klub dengan nama baru PS TNI dan Bhayangkara FC juga sudah memilih stadion yang dijadikan sebagai kandang. PS TNI memutuskan menggunakan Stadion Pakansari, Bogor, sama seperti ketika tampil pertama kali di ISC 2016.

Sementara Bhayangkara FC memilih memakai Stadion Patriot, Bekasi, yang statusnya masih jadi rebutan dengan Persija. Sebelumnya, mereka menggunakan Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai markas.(bbs/yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here