Soroja Masih dalam Proses

Peresmian, Akhir November Uji Coba

34
TAOFIK HIDAYAT/JABAR EKSPRES
PAPARKAN PERKEMBANGAN: Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa memberikan keterangan kepada media mengenai progres perkembangan pembangunan Jalan Tol Soroja.

jabarekspres.com, BANDUNG – Jalan Tol Soreang- Pasikoja yang seharusnya selesai pada awal bulan November sampai saat ini belum bisa terselesaikan secara keseluruhan.

Dari hasil pantauan langsung bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa, beberapa titik lokasi masih terlihat aktivitas kegiatan para pekerja proyek. Bahkan, Gerbang Tol seksi 2 baru mencapai 80 persen pembangunan.

Kendati begitu Iwa mengatakan, secara akumulatif pembangunan sudah mencapai hampir 100 persen. Sebab, secara struktur jalan sudah siap dilakukan uji coba.

“Berdasarkan hasil struktur jalan sudah selesai baik seksi 1 dan juga seksi 2. Hanya saja, masih ada beberapa pekerjaan yang belum selesai yakni fasilitas penunjang seperti Penerangan Jalan Umum (PJU) serta marka jalan,”jelas Iwa ketika ditemui kemarin (14/11).

Iwa mengklaim, proyek pembangunan tol Soroja sudah berjalan sesuai rencana dan akan dilakukan uji coba pada akhir November ini. Sehingga, nanti, ‎Pemprov Jawa Barat sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bandung.

“Kami sudah koordinasikan dengan Sekda Kabupaten Bandung termasuk sudah diinformasikan kepada Bupati Kabupaten Bandung sehingga dengan demikian maka pada proses uji coba sudah dipersiapkan dengan matang,” kata Iwa.

Menurutnya, pembangunan jalan tol tersebut bisa berjalan sesuai rencana karena terjalinnya kerjasama antara Pemprov Jawa Barat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) dalam mengatasi permasalahan selama proses pengerjaan.

Dikatakan Iwa, insfratuktur jalan tol Soroja selama ini menjadi harapan masyarakat Kabupaten Bandung maupun Jawa Barat bagian selatan. Selain itu, Iwa menilai pembangunan jalan tol tersebut akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini kan bisa meningkatkan ekonomi warga, apalagi sentra perkebunan dan sayuran banyak berasal dari Kabupaten Bandung dan Cianjur, bisa diakses melalui tol ini ke depannya,” kata dia.

Maka dari itu, Iwa berharap Pemerintah Kabupaten Bandung bisa membantu dalam melengkapi fasilitas penunjang agar potensi peningkatan ekonomi dari dampak pembangunan tol Soroja bisa dirasakan masyarakat Kabupaten Bandung, Cianjur dan daerah sekitarnya.

“Harus dirasakan manfaatnya, apalagi manfaat ekonominya. Saya berharap Pak Bupati bisa melakukan persiapan agar masyarakat bisa merasakan dampak tol Soroja. Seperti misalnya menyiapkan even budaya atau kegiatan yang sifatnya promosi wisata,” pungkas Iwa (mg1/yan)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here