SMPN 1 Cimaung Wakili Lomba Sekolah Sehat

jabarekspres.com, SOREANG – Setelah ditetapkan sebagai pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Bandung. SMP Negeri 1 Cimaung berhak mewakili Kabupaten Bandung dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Hal itu terungkap saat Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan usai menyambut kedatangan Tim Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat di Bale Winaya Soreang, kemarin (27/10).

Gun Gun mengatakan, dalam rangka menuju Kabupaten Bandung sehat, salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah adalah meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

“Program kesehatan anak diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan yang sehat sehingga dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi SDM yang berkualitas,” kata dia.

Selain itu, untuk mencapai hal tersebut diperlukan pendidikan kesehatan, dengan terciptanya lingkungan sekolah sehat yang melibatkan semua pihak.

“Semoga dengan menghasilkan sekolah berkualitas dengan lingkungan sehat dan terjaga,”ucap Gun Gun.

Selain itu, Sekolah nantinya bisa menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk semakin menanamkan kesadaran hidup sehat kepada generasi penerus sehingga akhirnya menjadi budaya yang melekat kuat.

Sementara itu Ketua Tim Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat Drs. Riwayat mengatakan even pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, Pada tahun ini akan berlangsung satu etape saja. Sebab, berbenturan dengan Pilkades Serentak di Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Disebutkan pada lomba tahun ini SMP Negeri 1 Cimaung akan berkompetisi dengan SMP lain dari 22 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

“Ini lebih berat dibanding tahun sebelumnya yang hanya berhadapan dengan sekolah dari 5 Kabupaten/Kota, akan tetapi dalam melakukan penilaian ini, kami tidak semata-mata menilai untuk kepentingan lomba di tingkat provinsi namun juga dalam rangka menghadapi lomba tingkat nasional,” katanya

Lomba ini bukan bertujuan mencari predikat juara, tetapi sebagai alat evaluasi dalam rangka meningkatkan mutu prestasi kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dia menambahkan bahwa koordinasi di tingkat kabupaten/kota dan tingkat Kecamatan sangat penting ketika pemerintah ingin melakukan intervensi secara berjenjang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan