SMK Negeri Harus Ditambah Fasilitas Praktik

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bertekad segera menambah fasilitas di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemerataan kualitas belajar mengajar.

Menurutnya, fasilitas memadai di SMK ini penting. Sebab sebagai pendukung dalam pembelajaran siswa terlebih di SMK adalah sekolah kejuruan yang fokus pada praktik.

”Ujiannya prakteknya seperti bongkar mesin, reparasi perangkat elektronik dan lainnya. Jadi fasilitasnya ini harus menunjang,” jelas Heryawan di sela kunjungan ke SMK negeri 6 Bandung kemarin (17/2).

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan, penambahan fasilitas untuk SMK ini akan segera dilakukan setelah pendataan di seluruh SMK seluruh Jabar. Sehingga nantinya bantuan yang akan disalurkan bisa disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dimasing-masing sekolah. ”Nanti kebutuhannya akan kita inventarisir dan kita siapkan dalam penganggaran APBD,” jelas Aher.

Aher berharap, keberadaan SMK-SMK di  Jabar harus bisa mencetak tenaga terampil siap pakai. Mereka juga sesuai dengan kebutuhan kerja, terlebih saat ini persaingan dalam dunia pekerjaan sangat ketat apalagi dengan kondisi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Sementara itu, berdasarkan hasil kunjungan kerjanya ke SMK Negeri 6 dirinya mengaku sangat puas dengan kemampuan siswa-siswa yang belajar di sekolah tersebut. Sebab berdasarkan pengamatannya ternyata siswa SMKN 6 sudah mampu membuat suku cadang industri, dan mereparasi mobil secara mandiri dan lain-lain.

”Tadi kita lihat kemampuan siswa sangat baik apalagi didukung dengan peralatan memadai nanti Pemprov akan berikan kebutuhan tersebut,” ucap Aher. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan