Skywalk Cihampelas Segera Dinikmati, Pemindahan PKL Hari Ini

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG –  Skywalk Cihampelas bisa dinikmati masyarakat minggu ini. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama jajaran dinas terkait melakukan pertemuan dengan para pedagang kaki lima (PKL) Cihampelas di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, kemarin (30/1).

Pertemuan tersebut membahas mekanisme relokasi PKL Cihampelas yang akan mengisi Ikon baru Kota Bandung tersebut.

”Jadi malam ini (kemarin), saya undang semua PKL Cihampelas ke sini (Pendopo), selain untuk membicarakan terkait relokasi, kita akan lakukan registrasi, pendaftaran dan penandatangan kios di Teras Cihampelas yang akan ditempati PKL,” ujar pria yang biasa disapa Emil ini.

Para PKL yang akan dipindahkan tidak dikenai biaya sewa. Mereka hanya mesti membayar uang operasional seperti keamanan, kebersihan dan biaya listrik.

Menurut Emil. Skywalk ini akan dibuka sejak pagi jam 8.00 hingga 22.00 agar tidak disalahgunakan. Ini menunjukan komitmen Pemkot Bandung tidak pernah menggangu PKL atau menggusur-gusur tanpa solusi. Makanya butuh waktu, dihitung dulu, komunikasi dulu.

Dia menegaskan, Skywalk Cihampelas hanya akan ditempati oleh 192 PKL yang terdata. Penambahan kios PKL akan dilakukan jika proyek Skywalk tahap dua telah tersedia.

”Ada 192 PKL terdiri dari kuliner dan non-kuliner. 192 itu sesuai data awal. Penambahan pasti ada dari oknum-oknum yang nebeng tapi saya enggak mau kalah, saya hanya akan memfasilitasi yang 192 saja, lain-lain silakan tapi tunggu skywalk jilid dua,” ucapnya.

Proses pemindahan PKL sendiri, lanjutnya, bisa dilakukan mulai hari ini (31/1). Setelah dipindahkan ke skywalk ini, para PKL sendiri bisa melakukan aktivitas berdagang mereka seperti biasanya.

”Setelah dipindahkan, PKL bisa langsung berdagang. Jadi Teras Cihampelas (skywalk) bisa dinikmati warga sebelum peresmian. Untuk peresmiannya, kita lihat jadwal saya yang kosong. Kemungkinannya pada hari Sabtu atau Minggu. Dan kita pastikan jangan sampai ada provokasi dalam proses relokasi ini,” tegasnya.

Agar menampung lebih banyak lagi, pihaknya tengah mempersiapkan pembangunan skywalk tahap dua yang akan menghubungkan Cihampelas dengan kawasan di sekitar Jembatan Layang Pasupati. ”Akan ada skywalk tahap dua yang akan dilelang sampai ke Pasupati,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan