Siapkan Lowongan Kerja di Job Fair

jabarekspres.com, NGAMPRAH- Sebanyak 6.000 lowongan pekerjaan ditawarkan dari 50 perusahaan kepada masyarakat Kabupaten Bandung Barat, dalam acara Job Fair yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bandung Barat pada 8-10 Agustus 2017 mendatang di Gedung Sudirman, Kompleks Pusdikpasus Batujajar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bandung Barat, Iing Solihin mengungkapkan, Job Fair kali ini akan melibatkan perusahaan dari Bandung Raya. Berbagai bidang pekerjaan mulai dari sektor manufaktur, tekstil, rumah makan, pramugari dan beberapa sektor lainnya dihadirkan sebagai pilihan bagi pencari kerja. “Syaratnya membuat lamaran, riwayat hidup, pas foto dan kartu AKI yang dilayani di tempat, tanpa dipungut biaya. Kami berharap momentum ini dapat dimanfaatkan oleh para pencari kerja,” kata Iing di Ngamprah, Rabu (2/8).

Menurut Iing, kegiatan Job Fair setiap tahunnya terus digelar dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan. Pemkab terus mendorong agar angka pengangguran setiap tahunnya terus menurun melalui kegiatan seperti ini. “Melalui Job Fair angka pengangguran bisa menurun. Karena jumlah angka pengangguran dan angkatan kerja di KBB mencapai 80.000 orang setiap tahunnya. Bila dibagi dengan jumlah penduduk di KBB yang mencapai 1,7 juta artinya ada sekitar 4 % angka pengangguran setiap tahun,” terangnya.

Iing memastikan, setiap tahun angka pengangguran terus menurun. Bila melihat tahun lalu, angka pengangguran di KBB mencapai 6,2 % dan kini menjadi 4 %. Ini merupakan keberhasilan semua pihak antara pemerintah daerah dengan perusahaan yang memfasilitasi bagi masyarakat pencari kerja. “Bahkan ke depan kita akan membuat MoU antara pemerintah daerah dengan perusahaan agar lowongan tenaga kerja yang bersifat umum seperti membutuhkan keterampilan menjahit dan lain-lain bisa menggunakan tenaga kerja lokal,” tandasnya. (drx/bun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan