Setiap SKPD akan Dibuat Website

jabarekspres.com, LEMBANG – Untuk memberikan informasi secara langsung dan meningkatkan keterbukaan publik dalam waktu dekat ini seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan membuat Website sendiri.

Kepala Dinas Kominfo KBB, Ludi Awaludin mengatakan, untuk mengawalinya Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo dan Statistik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai menyosialisasikan peraturan Bupati (Perbup) tentang penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik.

Dalam Perbup itu pun ditetapkan Chip Informasi Operator (CIO) yang memiliki pusat kendali Informasi dibawaah Diskominfo. Sehingga, seluruh SKPD akan selalu diawasi ketika menjalankan Websitenya.

“Jadi nanti akan dibentuk komite berbasis informasi teknologi perangkat daerah di bawah pengawasan kami,” jelas Ludi ketika ditemui kemarin (23/11)

Menurutnya, anggota komite tersebut beranggotakan seluruh SKPD dibawah kendali CIO dan penanggung jawab Sekda Bandung Barat Maman S Sunjaya.

Selain itu, dalam Website nantai juga akan menampilkan berbagai informasi mengenai kegiatan dan kemajuan pembangunan dari masing-masing SKPD. Sehingga, masyarakat pun bisa mengetahuinya.

Selain itu, ditetapkan juga e- Government yang berkaitan dengan bisnis. Dengan begitu masyarakat nantinya bisa memanfaatkan untuk ikut memasarkan produk UMKM nya.

Ludi menyebutkan, Pada 2018 nanti, Bandung Barat menyiapkan infrastruktur jaringan internet yang menyambung langsung di 16 kecamatan di Bandung Barat.

“Infrastruktur sudah kami siapkan. Tinggal sumber daya manusianya. Makanya, kami akan melatih tiap SKPD dalam pengelolaan website, ya 2018 tiap SKPD nantinya punya website sendiri,” tuturnya.

Ludi mengakui bahwa langkah ini merupakan ide dan gagasan setelah mempelajari kemajuan informasi di beberapa daerah. Sehingga, manfaat yang diambil bisa diterapkan di KBB.

“Kami mengagas ini agar seluruh SKPD punya website sendiri berikut bisa mengelolanya,”pungkas Ludi (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan