Setiap Kampung Harus Memiliki Ciri Khas

jabarekspres.com, BANJARAN – Untuk mengembangkan program 1000 kampung wisata di Kabupaten Bandung, Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Naser memnginginkan agar setiap kampung wisata memiliki ciri khas yang bisa dijadikan Ikon daerah.

Selain itu, untuk mendorong keberhasilan program tersebut dirinya menyerahkan Dana Program Penataan Kawasan Kumuh kepada beberapa Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) , sekaligus mengukuhkan Kampung Wangun sebagai duta daerah Kampaung Wisata.

Bupati Bandung Dadang M. Naser menyebut Kampung Wangun sebagai percontohan atas keterlibatan masyarakat yang membantu pengaplikasian program pemerintah. Namun atas keberhasilan tersebut, dirinya mengingatkan agar jangan merasa puas dengan keberhasilan tersebut.

“Jadi harus terus berupaya mengembangkan apa yang menjadi keunggulannya sehingga menjadi ciri khas di Kampung Wangun ini,” jelas Dadang ektika ditemui kemarin (6/11)

Dadang menilai, sebagai negara agraris seharusnya keberdaan kampung-kampung di seluruh indonesia bisa memberikan kontribusi pangan bagi masyarakat. Namun, kondisi ini belum bisa di aplikasikan mengingat perlu penataan lebih lanjut.

Untuk itu, dengan visi Kabupaten Bandung yang mandiri, lanjut Dadang, pembangunan Bandung 1000 Kampung yang digagasnya bersama jajaran pemerintah dan semua pemangku kepentingan memiliki tujuan utama untuk memperkuat ketahanan pangan. Sebab, program tersebut menharuskan setiap kampung yang ada di Kabupaten Bandung nantinya harus mandiri dengan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kesejaahteraan warga.

“Pemkab Bandung terus mendorong wilayah yang memiliki produk ciri khas dan juga menelusuri wilayah mana saja yang belum berkembang keunggulannya sehingga terwujud Kabupaten Bandung 1000 Kampung,” paparnya

Pada kesempatan tersebut, BKM Warga Mulya Desa Pasirmulya Kecamatan Banjaran terpilih sebagai BKM terbaik ke-2 Tingkat Nasional setelah BKM asal D.I. Yogyakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan Kasubdit Perencanaan Teknis Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI R. Didiet Arif Achdiat, kepada Koordinator BKM Warga Mulya Nandang Rukmana pada acara Pencanangan Kampung Wisata Wangun dan Penyerahan BKM Award Tingkat Nasional di Desa Pasir Mulya Banjaran.

Tinggalkan Balasan