Seri Pamungkas F1 2017 Bakal Agresif

jabarekspres.com, YAS MARINA – Pirelli mengumumkan pilihan ban yang bakal digunakan para pembalap untuk berlaga di seri pamungkas Formula 1 musim 2017 di Abu Dhabi pekan depan. Kali ini, seluruh pembalap kompak bakal tampil agresif dengan menumpuk ban paling cepat, ultrasoft.

Awal tahun ini, Pirelli mengumumkan bakal membawa tiga jenis ban paling lunak ke Yas Marina. Yakni soft, supersoft, dan ultrasoft. Alasannya karena permukaan sirkuit Abu Dhabi memiliki daya cengkeram rendah. Plus tingkat degradasinya juga rendah. Ban dengan kompon lunak memiliki daya cengkeram tinggi, meski secara teori akan gampang aus.

Dengan pilihan tersebut, 20 pembalap memutuskan menyimpan sangat banyak ban paling lunak, ultrasoft. Dari 13 set ban yang diberikan kepada setiap pembalap sepanjang akhir pekan, hanya dua pembalap Renault Carlos Sainz Jr dan Nico Hulkenberg yang paling sedikit menyimpan ultrasoft. Itupun 8 set dari 13 set yang disediakan. Di luar keduanya, pembalap lain menyimpan minimal 9 set ban ultrasoft.

Tidak lebih dari 4 set ban soft dan supersoft yang dipilih seluruh pembalap sepanjang akhir pekan. Kemungkinan besar mereka akan menggunakannya untuk stint terakhir menuju finis. Karena aturannya adalah pembalap yang lolos babak kualifikasi ketiga (Q3) wajib menggunakan ban ultrasoft. Sedangkan saat race, ada kewajiban menggunakan salah satu pilihan ban antara soft atau supersoft. Dengan pilihan ban tersebut, artinya para pembalap ingin bertarung agresif di Yas Marina.

Di seri terakhir nanti, Ferrari berambisi memetik kemenangan beruntun setelah menjuarai GP Brasil. Ternyata, meski hanya menyisakan dua seri, Ferrari tetap serius mengembangkan mobilnya untuk dibawa ke Brasil Minggu lalu. Perubahan besar tampak pada floor, diffuser, dan sayap depan.

Detail pada masing-masing ujung sayap depan memperbaiki aliran angin yang terlepas dari ban depan menuju slot-slot di atas floor di depan ban belakang. Kemudian perubahan pada diffuser yang bertujuan meningkatkan performa sejumlah bagian mobil berfungsu untuk memproduksi downforce. Perubahan ini pertama kali dibawa ke GP Amerika Serikat Oktober lalu dan kini berkontribusi pada kemenangan Vettel pertama sejak GP Hungaria Juli lalu. ”Kami berada pada posisi kuat untuk bertarung berebut kemenangan (di Abu Dhabi), kami menang di sini (Brasil) dan dua mobil berada di podium. Saya rasa banyak hal positif yang kami capai,” ucap Vettel. (cak/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan