Sekar Telkom Tanam 3.200 Pohon

bandungekspres.co.id, CICALENGKA – Serikat Karyawan (Sekar) PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) terus melakukan penghijauan di lereng hutan Kareumbi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Di kawasan itu, Sekar Telkom memiliki bukit yang sudah bertahun-tahun menjadi lahan garapannya.

Ketua Umum Sekar Telkom Asep Mulyana mengatakan, penghijauan ini untuk menjaga bukit yang terancam atau yang tingkat kekerapan tumbuhannya masih longgar.

”Kami ada bukit di Kareumbi namanya Bukit Sekar karena memang menjadi tanggungjawab Sekar Telkom untuk penghijauannya,” ujar Asep belum lama ini.

Menurut dia, setiap anggota Sekar Telkom menjadi wali pohon dengan menyumbang Rp 50 ribu. Saat ini, Sekar telah menanam 3.200 Pohon.

”Wali pohon diberikan sertifikat, siapapun anggota Sekar bisa ikut. Pohon yang ditanam berasal dari pohon keras seperti trembesi, agar mampu memperkuat bukit” ujarnya.

Dia menargetkan bisa menanam 14 ribu pohon. Sebab, saat ini anggota Sekar Telkom telah berjumlah 14 ribu orang.

”Saya ingin satu orang satu pohon. Jika tumbuh 14 ribu pohon baru di sini, maka akan memberi manfaat untuk kelestarian lingkungan,” ujar Asep.

Dipilihnya lahan pegunungan untuk melakukan penanaman pohon, kata Asep, karena wilayah Gunung Kareumbi Masigit sendiri terbilang kritis. Dibutuhkan banyak pohon-pohon keras untuk membuat wilayah gunung tetap terjaga kelestariannya.

”Masih perlu dilebatkan lagi hutannya makanya kami memilih wilayah ini untuk ditanami pohon. Selain itu juga di sini ada pengelolanya jadi kami masih bisa terus memantau pertumbuhan pohon yang ditanam. Tidak hanya menanam, tapi merawat juga,” ujarnya.

Untuk perawatan, dirinya menggandeng Wanadri. ”Untuk setiap pohon yang ditanam, kami punya sertifikatnya. Kami bisa memantau perkembangan pohon kita,” pungkasnya. (fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan