Segera Tangani Korban Pasca Banjir Bandang

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung dengan dibantu unsur terkait akan segera melakukan relokasi korban pasca bencana Banjir Bandung di Kecamatan Pasir Jambu dan Kecamatan Ciwidey.

Banjir yang menyebabkan kerugian baik materil maupun moril.

Mendapat perhatian serius dari Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira.

Dirinya memastikan Pemerintah Kabupaten Bandung akan melakukan penanganan efektif dan terintegrasi baik untuk penanganan darurat maupun pasca bencana.

“Kita akan pastikan, penanganan banjir bandang Ciwidey ini akan lebih efektif untuk aksi di lapanganm’jelas dia ketika ditemui disela-sela melakukan kunjungan langsung ke lokasi benacana kemarin (4/5)

Menurutnya, beberapa dinas akan terlibat sesuai dengan porsi kewenangannya masing-masing, baik untuk darurat bencana maupun pasca bencana.

“Beberapa pihak terkait ini agar segera mengambil langkah cepat. Bukan saja perbaikan infrastruktur jalan dan rumah yang rusak parah, namun rumah terkena dampak banjir yang ada di bantaran sungai agar segera dievakuasi, guna mencegah hal serupa terulang kembali lagi,” ucap dia

Dirinya telah mengkoordinasikan penanganan tanggap darurat yang dilaksanakan oleh dinas teknis, terutama untuk beberapa masalah penting terkait Pengungsian (pendataan para korban, kebutuhan dan distribusi bantuan, tempat tinggal sementara), bantuan korban (pendataan jenis dan jumlah kebutuhan).

“Selain itu harus segera dilakukan pemulihan infrastruktur dasar (air, listrik, tempat tinggal) serta pemulihan fasilitas umum (sekolah, dan lainnya). Tak kalah penting juga koordinasi dengan Perhutani perlu segera dilakukan lebih serius. Ini terkait dengan alih fungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian,” tuturnya

Namun, terkait alih fungsi lahan, pihaknya hanya merumuskan bersama jalan keluar baik dari segi kewenangan perangkat daerah untuk mengelola hutan-hutan yang beralih fungsi.

“kita akan lihat segi aktivitas perekonomian masyarakat juga yang tinggal di kawasan tersebut, bahkan kita akan sampaikan laporannya pada Gubernur Jawa Barat,”jelas

Setelah melihat rumah-rumah yang akan diperbaiki pascabanjir, ada kendala teknis yang dihadapi oleh pemerintah daerah dalam melakukan renovasi. Pasalnya, mayoritas rumah yang rusak akibat banjir itu berada di daerah aliran sungai (DAS) Ciwidey.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan