Sambut Bonek Lapang Dada

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Jajaran Polisi Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) akan melakukan antisipasi untuk kedatangan ribuan bondo nekat (Bonek) yang akan mengawal Kongres Tahunan PSSI di Bandung. Salah satunya dengan menampung mereka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Polisi Yusri Yunus mengatakan, antisipasi ini dilakukan supaya ribuan Bonek tersebut tidak berkeliaran di jalan dan meresahkan masyarakat.

”Makanya, begitu datang ke Bandung, mereka akan kami arahkan dahulu langsung ke Stadion GBLA,” kata Yusri saat memberikan keterangannya di Mapolda Jabar, kemarin (5/1).

Sampai saat ini, Bonek yang sudah masuk sebanyak 250 orang, sekarang sudah ada di GBLA. Kedatangan Bonek secara bertahap. Kemungkinan, katanya, hari ini (6/1) sebanyak 1.800 orang datang dengan menggunakan 60 bus.

”Informasi lain, dua gerbong kereta api yang masih berkoordinasi dengan penanggung jawab dari Bonek, mungkin sebanyak 1.100 yang diizinkan menggunakan kereta,” paparnya.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan kongres PSSI dilaksanakan pada Minggu (8/1). Pihaknya mempersiapkan personel untuk pengamanan sebanyak 1.558 orang. Jumlah tersebut ditambah pengamanan dari pihak TNI dan stakeholder yang lainnya.

Di sisi lain, sejumlah tempat juga menjadi konsentrasi pengaman. Di antaranya Hotel Aryaduta yang dijadikan lokasi kongres. Di lokasi tersebut di bagi beberapa ring pengamanan.

”Kita upayakan berjalan aman. Termasuk mengantisipasi rekan-rekan Bonek yang mendekati Aryaduta,” ungkapnya.

Menurut Yusri, Bonek sebelumnya merencanakan akan ada aksi damai. Namun mereka tidak memiliki izin dan dinilai mengganggu jalannya kongres PSSI di Bandung.

”Kalau Bonek melanggar anturan sesuai pidana, kita akan tindak dengan tegas.Kkita akan arahkan keluar dan kembali ke Surabaya,” tegasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Bandung sambut kedatangan Bonek dengan cara menyediakan sarana peristirahatan di GOR Lodaya (lapang takraw) dan GOR Padjajaran, Jalan Padjajaran Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, kedatangan Bonek ke kota Bandung memang jadi perhatian semua pihak termasuk Pemkot Bandung. Makanya, dia berinisiatif menyiapkan sarana penginapan di dua lokasi yakni GOR Lodaya dan GOR Padjajaran sebagai bentuk sambutan dari Pemkot Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan