RT/RW Memiliki Peran Pembangunan

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk memenuhi janji kampanye Wali Kota Cimahi Ajay M. Supriyatna akan memberikan bantuan sosial kepada RT/RW yang ada di Kota Cimahi.

Menurutnya, bantuan sosial nantinya diberikan untuk kegiatan operasional RT/RW agar kinerjanya semakin meningkat. Sebab, RT/RW kedepan akan menjadi ujung tombak untuk membantu dalam pembangunan.

Menurutnya, RT/RW merupakan lembaga masyarakat lini depan yang mengurus administrasi warga. Sehingga, keberadaannya tidak boleh diabaikan begitu saja. Bahkan, RT/RW sangat membantu untuk melakukan penataan keadaan warga untuk mengurusi persoalan administrasi kepedudukan.

Ajay mengakui, selama ini keberadaan RT/RW sering dipandang sebelah mata. Padahal, fungsinya sangat penting dalam tatanan masyarakat dan sebagai kepanjangan pemerintahan.

“Jadi  wajar jika mereka harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah, meskipun secara bertahap,” jelas Ajay ketika ditemui pada acara silaturahmi dengan di Aula Pusdikpal, Jalan Pasir Kumeli kemarin (9/11).

Ajay menilai, RT/RW harus memberikan peran untuk lebih mengembangkan iklim kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royongan yang dirasakan sudah melemah. Bahkan, tidak jarang muncul keluhan masyarakat disampaikan melalui RT/RW.

“Sikap seperti ini harus diperbaiki dengan pendekatan budaya yang menyentuh dan bernuansa pluralistik melalui silaturahmi antara unsur pemerintah dengan warga masyarakat,” ujarnya.

Ajay  mengajak para Ketua RW dan RT untuk meningkatkan wawasan para pengurusnya melalui kegiatan pelatihan, sosialisasi dan lain-lain yang difasiltasi oleh pemerintah.

“Perlu dipahami bahwa selama ini berbagai program pemerintah dapat berjalan sukses berkat dukungan dan partisipasi semua pihak termasuk peran serta yang sangat penting dari para RT dan RW,” pungkasnya. (ziz/yan).

Tinggalkan Balasan