Rp1 Miliar Terkumpul Kurang dari 72 Jam

Ridwan Kamil Kaget dengan Apresiasi Masyarakat

1

jabarekspres.com, Bandung – Kurang dari tiga hari, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil berhasil mengumpulkan donasi untuk warga muslim Rohingya lebih dari Rp1 miliar melalui kitabisa.com. Tercatat, hingga kemarin (7/9) pukul 11.07, donasi yang terkumpul sekitar Rp1,1 miliar dengan jumlah penyumbang 6.651 orang.

”Saya tidak nyangka, kombinasi teknologi dan influencer menumbuhkan empati masyarakat Indonesia terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar. Ketika ajakan donasi diserukan, hasilnya sangat luar biasa,” papar Emil sapaan akrab Ridwan Kamil di Bandung, kemarin.

Menurut dia, masyarakat Indonesia yang tumbuh dari budaya gotong royong ini, ketika disentuh persoalan-persoalan kemanusiaan, empatinya tumbuh luar biasa. ”Untuk menumbuhkan empati, maka tokoh komunikasi menjadi sangat penting untuk menyampaikan ajakan berdonasi,” ucap Emil.

Emil pertama kali memposting ajakan untuk menyumbang di halaman kitabisa.com, pada Selasa (5/9) pukul 17.00. Dia mematok target dalam 25 hari terkumpul dana bantuan sebesar Rp1 miliar.

”Dengan target yang sudah terlampaui, penggalangan donasi akan ditutup Senin (11/9). Kita akan lihat respon ACT (Aksi Cepat Tanggap), lembaga yang mendistribusikan bantuan ke pengungsi Rohingya. Kalau mereka bilang masih kurang, ya nanti kita buka penggalangan donasi tahap 2,” urainya.

Menurut Emil, yang membuat target cepat tercapai karena adanya testimoni dari para penyumbang, kenapa mereka menyumbang. Mikro story para penyumbang di halaman komentar sangat beragam. Sehingga menjadi inspirasi bagi penyumbang lainnya.

”Misalnya, anak kos menyumbang dengan mengurangi jatah makannya, karena dia merasa warga Rohingya lebih membutuhkan daripada dirinya, ada juga seorang suami menyumbang sebagai kado ulang tahun buat istrinya, dan sebagainya. Story kenapa Anda menyumbang inilah yang dapat menjadi inspirasi,” tuturnya.

Chief Executive Officer kitabisa.com Alfatih Timur menyatakan, para penyumbang tidak hanya berdonasi, tapi juga dapat menyampaikan aspirasi tentang Rohingya di kolom komentar yang ada di halaman kitabisa.

”Semoga kejadian di sana cepat membaik, walaupun saya bukan muslim, tapi hati saya tergerak untuk membantu sesama umat manusia God bless,” tulis salah seorang donatur, Hanny Jimshoney pada kolom komentar.

Bagi yang masih ingin membantu, bisa berdonasi melalui link berikut >> http://ktbs.in/bersamabanturohingyafb? (rls/rie)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here