Rp 8 Miliar untuk Bangun Tiga Perpustakaan Baru

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat, dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Untuk itu Pemerintah Kota Cimahi berkomitmen membangun perpustakaan baru untuk menambah perpustakaan yang sudah ada.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan Kota Cimahi, Marwan Suryaman mengungkapkan, dengan minimnya perpustakaan strategis di Kota Cimahi, mendorong pemerintah untuk membuat perpustakaan tambahan. Rencananya pembangunan perpustakaan akan dibiayai Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 8 Miliar yang akan dilokasikan untuk 3 titik perpustakaan baru.

“Untuk langkah awal, kami sedang mencari lahan untuk pembangunan. Kami juga sedang melakukan survei untuk menentukan daerah mana saja yang layak dibangun perpustakaan. Sehingga nantinya akan banyak pengunjung,” ujar Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan Kota Cimahi, Marwan Suryaman, Selasa (21/3).

Marwan mengatakan, pembangunan perpustakaan ini rencananya akan dimulai pada awal 2018 dengan target selesai pada 2019. Ia berharap dengan dibangunnya perpustakaan bisa meningkatkan minat baca di masyarakat. Meski diakuinya, untuk minat baca di Kota Cimahi masih sangat rendah. “Adanya pembangunan perpustakaan juga sebagi komitmen pemerintah Kota Cimahi untuk meningkatkan minat baca masyarakat,” katanya.

Selain pembangunan perpustakaan, pihaknya juga sedang mencoba merilis sebuah mobil perpustakaan keliling (Pusling) Kota Cimahi yang kurang mendukung. Tercatat untuk saat ini Kota Cimahi hanya memiliki dua buah mobil pusling, yang mana salah satu mobil tersebut merupakan bantuan dari perpustakaan nasional.

Rencananya, pihaknya akan menambah fasilitas pusling. Tahun ini, akan diajukan bantuan untuk penambahan mobil pusling ke perpustakaan nasional.  ”Kami akan meminta bantuan dari perpustakaan nasional untuk mobil pusling. Semoga, tahun ini bisa terealisasi,” pungkasnya.  (bun/ign)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan