Rp 3 M Untuk Rohingya

Penggalangan Dana Resmi Ditutup

2
LAMPAUI TARGET: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kiri) bersama Kitabisa.com menunjukkan jumlah hasil penggalangan dana untuk pengungsi Rohingya, kemarin (11/9)

jabarekspres.com, Bandung – Penggalangan donasi untuk warga muslim Rohingya melalui kitabisa.com terkumpul sebanyak Rp3 miliar hanya dalam tempo satu pekan. Gerakan yang diinisiasi oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil itu melampaui target yang ditetap.

”Saya terharu dan tidak menyangka respon warga net sebagus ini,” kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil di Bandung, kemarin (11/9).

Emil pertama kali memposting ajakan untuk membantu warga muslim Rohingya pada 5 September 2017. Sebenarnya jumlah sumbangan yang ditargetkan Rp1 miliar dalam rentang waktu satu minggu. Namun baru dua hari pertama, sudah terkumpul Rp1 miliar dan per hari ini, jumlah bantuan mencapai lebih dari Rp 3 miliar.

Bantuan sebanyak itu, berasal dari 19.348 penyumbang. Sumbangan terbesar senilai Rp16 juta dan terkecil Rp10 ribu.   ”Warga yang berempati sangat banyak, ditambah oleh teknologi  yang memudahkan orang untuk memberikan bantuannya juga didukung oleh influenser yang maksimal,” tutur Emil.

Menarik mencermati komentar para penyumbang di situs kitabisa.com.  @jimshoneyoffc, salah seorang penyumbang menulis,  ”Menggelar penjualan item reject layak guna selama 2 hari Yg hasil penjualan 100% disalurkan utk bantuan kmanusiaan Rohingya.”

Seorang penyumbang anonim menulis, ”Satu tahun pernikahan, saya & suami divonis tidak bisa memiliki keturunan. Semoga bisa diberikan keturunan oleh Allah SWT, aamin.”

CEO kitabisa.com Alfatih Timur mengaku, bangga dengan jumlah dana yang terkumpul melampaui  target. ”Ini bukti orang baik juga bisa ‘berisik’ untuk berbuat kebaikan,” ujarnya.

Sebelumnya, Emil sudah beberapa kali melakukan penggalangan dana bantuan melalui kitabisa.com dan selalui mendapat respon positif dari warganet. Pada 2016, ajakan kang Emil untuk  menyumbang korban banjir Garut dan Sumedang terkumpul dana hampir Rp 1 miliar. (rls/rie)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here