Rossi Latihan dengan Rem Jempol Lagi

jabarekspres.com – BALAPAN MotoGP bakal berlanjut lagi akhir pekan ini di Twin Ring Motegi, Jepang. Setelah comeback dari cedera dan tampil luar biasa di MotoGP Aragon, superstar Yamaha Valentino Rossi akan turun lagi di Motegi. Untuk mempersiapkan penampilannya itu, The Doctor terlihat berlatih dengan menggunakan motor Superbike di Sirkuit Misano pada Sabtu waktu setempat (6/10).

Tes tersebut dilakukan untuk menguji kembali ketahanan fisik dan melihat perkembangan pemulihan kaki kanannya akibat patah tulang tibia dan fibula bulan lalu. ”Mengitari Misano lagi dengan menggunakan R1,” tulis Rossi di akun Instagram-nya.

Sejak balapan di Aragon, Rossi menggunakan rem belakang yang dikendalikan ibu jari tangan kiri. Perangkat tersebut dibuat untuk memudahkan Rossi mengoperasikan rem belakang saat kaki kanannya belum bisa menginjak pedal rem dalam 23 hari setelah kaki kanannya patah.

Rem jempol atau thumb brake bukan hal aneh di ajang MotoGP. Dahulu Mick Doohan juga pernah menggunakan perangkat tersebut setelah mengalami kecelakaan parah di MotoGP Belanda pada 1992. Dokter berhasil menyelamatkan kaki Doohan, tetapi tidak pernah bisa kembali normal. Dengan menggunakan rem jempol itu, Doohan tetap bisa menjuarai kelas 500 cc (sekarang MotoGP) lima musim beruntun, 1994-1998. (cak/c4/nur/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan