Riset, Upaya Perbaikan Kualitas Air Sungai Citarum

42
Riset, Upaya Perbaikan Kualitas Air Sungai Citarum

SOREANG – Luthfiandi dan Arif Dhani lulusan doktoral Redbud University Belanda dan Victoria Unviersity Australia terpilih menjadi dua dari 10 riset terbaik yang disertasinya diangkat dan didiskusikan dalam acara gelar riset dan seminar bertemakan “Upaya perbaikan kualitas air sungai di Jawa Barat” di Aula Barat Gedung Sate, Bandung (6/12).

Keduanya merupakan lulusan dari program 300 doktor yang digulirkan pemerintah provinsi Jawa Barat. Mewakili pemerintah kabupaten Bandung, Gungun Gunawan diundang sebagai narasumber guna membahas isu lingkungan di kabupaten Bandung, utamanya mengenai persolan sungai Citarum yang diangkat dalam gelar riset tersebut melalui sub tema  “Upaya Perbaikan Kualitas Air Sungai Citarum”.

Menurut Gungun, Kabupaten Bandung selalu dihadapkan pada permasalahan seputar air yang ketika hujan air mudah sekali meluap dan ketika musim kemarau justru malah kekeringan.

Belum lagi, isu penurunan kualitas air juga kerap terjadi akibat masih banyak para pelaku industri yang tidak sadar lingkungan dengan membuang limbah cair yang dihasilkan ke sungai citarum dan DAS Citarum.

Gungun lalu memaparkan data dari 169 industri yang menghasilkan limbah cair sebanyak 96 industri taat administrasi, 104 taat teknis dan 26 yang taat keseluruhan. “Jadi ini masih PR bagi kami. Makanya tadi tidak akan ada bantah membantah, memang itu adanya,” ujar Gungun.  ***

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here