Ribuan Warga Cimahi Terjangkit TB

jabarekspres.com, CIMAHI – Hingga akhir Novenber 2017 ini Di Kota Cimahi penderita Tuberkolosis (TB) telah mencapai 1207 orang. Kondisi ini sedang menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan Cimahi untuk menekan penyebaran penyakit tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Cimahi dr. Ars Agustiningsih mengatakan, banyaknya penderita TB di Cimahi sudah menjadi perhatian sendiri, Bahkan, Dinkes melakukan penanganan dengan serius.

“Kita sedang konsen menangani beberapa kasus penyakit, salah satunya TB,” jelas Ars ketika ditemui di sela-sela Hari Kesehatan yang diselenggarakan di Gedung Technopark kemarin (29/11)

Dirinya mengungkapkan, TB tergolong penyakit menular yang harus segera ditanggulangi. penyakit ini disebabkan oleh vairus yang menyerang paru-paru. Sehingga, untuk menghindarinya harus ada upaya pencegaahan.

“Kalau tidak segera dicegah dan ditangani, kemungkinan terburuknya ialah bisa sampai meninggal akibat kesakitan TB,”kata Ars.

Dirinya mengatakan, untuk sementara anggka kematian yang disebakan oleh TB masih dilakukan pendataan. Namun, penyakit tersebut apabila tidak ditangani dengan baik dan sesuai standar bisa meningkat jumlahnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus menelusuri masyarakat yang terindikasi positif terkena penyakit TB. Sebab, untuk mengobatinya penderita TB harus segera diberikan  pengobatan sesuai standar dan ada Pengawas Minum Obat (PMO). Sebab, penderita TB harus diberikan obat secara kontinue dan tidak boleh terhenti.

“Untuk TB, semua kasus harus ditemukan dan diobati sampai sembuh sehingga tidak menular ke orang lain di sekitarnya,” tegasnya.

Untuk itu, Ars menghimbau, agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat, baik dalam hal mengkonsumsi makanan maupun kebersihan lingkungan sekitar.

“Untuk penderita TB, harus menerapkan perilaku sehat sehingga tidak menularkan ke orang lain,” ucap dia.

Ditempat sama, Wali Kota Cimahi mengatakan, untuk menghindari dari berbagai penyakit sebetulnya memiliki cara mudah, Yaitu dengan Perilaku hidup sehat.

Menurutnya, prilaku hidup sehat saat ini oleh sebagian masyarakat masih belum diperhatikan secara serius. Hal ini, terlihat dari banyak orang yang kurang gemar berolah raga, meroko, dan membuang sampah sembarangan.

“Inimasih banyak terjadi di masyarakat kita,”jelas Ajay ketika ditemui usai memperingati hari kesehatan nasional kemarin (29/11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan