Ribuan Bahan Baku Pertalite Oplosan Disita Polda Jabar

BANDUNG – Dir Krimsus Polda Jabar berhasil mengungkap praktik oplosan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di Blok Bugel RT 14 RW 06 Desa Leuwigede, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu. Petugas berhasil mengamankan ribuan bahan baku dan campurannya.

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan, minyak oplosan dan bahan baku pembuatan minyak oplosan turut disita dari tangan pelaku berinisial M, 34. Dikatakan Agung, pelaku melakukan aksinya sejak Juni 2017 hingga akhirnya terbongkar pada Desember 2017.

”Dalam melakukan aksinya pelaku M menyiapkan bahan baku kondensat yang dicampur dengan bleaching (bahan kimia). Kemudian campuran bahan baku itu diendapkan selama 4 hingga 5 jam,” kata Agung saat memberikan keterangannya, Selasa (26/12/2017).

Agung juga menjelaskan, bahan baku kondensat dan bleaching didapatkan tersangka dari M didapat dari PT Harindo Putra Jaya. Pelaku mendapatkan kondensat dengan harga Rp 5 ribu perliternya, sedangkan untuk bleaching dibeli dengan harga Rp 200 ribu per 25 kilogram.

”Cara pelaku melakukan pengolahan yaitu, bahan baku berupa kondensat yang terdapat didalam drum yang berkapasitas sebanyak 200 liter dicampur dengan bleaching sebanyak 25 kg, kemudian diaduk selama satu jam dan langsung ditutup selama lima jam agar mengendap, lalu disaring dan diambil minyak yang beningnya menjadi bahan jadi minyak dan dicampur Pertalite dan cat (Tiner),” ucapnya. (yul)

 

YULLI S YULIANTI/JABAR EKSPRES

Tinggalkan Balasan