Restribusi Tenaga Kerja Asing Capai Target

jabarekspres.com, NGAMPRAH –  Di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) ternyata terdapat tenaga kerja asing yang bekerja di berbagai sektor. Namun yang baru terdata hanya 84 prang TKA saja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung Barat Iing Solihin mengatakan, dari jumlah yang masih puluhan tersebut  pihaknya mendapat restribusi sehingga mendapatkan kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kendati begitu, meskipun julahnya terbilang sedikit perolehan besaran retribusi TKA tahun 2017 mencapai Rp.1,3 Miliar dari target awal Rp.1,1 Miliar.

“Alhamdulillah sampai oktober saja sudah mencapai target,” ucapnya, Rabu (8/11).

Iing mengatakan, retribusi TKA ini didapat dari sejumlah TKA yang menempati posisi tenaga ahli di Industri Bandung Barat. TKA ini memiliki keahlian di Manufaktur dan Pendidikan.

Untuk menggenjot restribusi disektor ini, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan keimigrasian untuk memastikan kemungkinan ada TKA yang bekerja di wilayah KBB. Sebab, diperkirakan tenaga Asing yang belum mendaftar masih ada.

Iing menambahkan, sebagian TKA tersebut berasal dari berbagai negara di Asia dan Eropa yang bekerja di Industri sebagai tenaga ahli dan sektor pendidikan.

“Ada dari India, China, Jepang dan sedikit dari Eropa, mereka menempati tenaga ahli di pabrik dan guru sekolah internasional yang ada di Bandung Barat,” katanya. (rmol/yan)

Tinggalkan Balasan