Ratusan Penggalang Ikut LT II, Penguatan Pendidikan Karakter

jabarekspres.com, RANCABALI – Sekitar 600 siswa siswi anggota Pramuka tingkat  Penggalang di Kwarran Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung mengikuti kegiatan lomba tingkat  (LT) II. Kegiatan itu digelar di lapangan bola Desa Patengan Kecamatan Rancabali, baru-baru ini.

Ketua Kwarran Kecamatan Rancabali Embun Permana didampingi Bendahara Ujang Safaat, mengatakan kegiatan LT II Gerakan Pramuka di lingkungan Kwarran Rancabali tersebut dilaksanakan sesuai agenda pendidikan yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

” Alhamdulillah, pelaksanaan LT II pramuka penggalang pada tahun 2017, diikuti oleh 600 Orang peserta, terdiri dari pelajar sekolah tingkat SD dan  SMP  yang ada di lingkungan Kecamatan Rancabali,” kata Embun Kepada wartawan disela kegiatan lomba di Rancabali, baru-baru ini.

Menurutnya kegiatan tersebut sengaja dipusatkan di lapang bola rancabali, karena selain diikuti sekitar 600 peserta juga melibatkan 74 pembina  dan 32 Mabigus. Embun menambahkan, lomba tersebut diadakan bertujuan untuk mengukur para siswa dalam pengetahuan dan kepramukaan dan membentuk karakter kepemimpinan, solidaritas, kejujuran dan ketangkasan.

” LT II ini, tidak hanya upaya meningkatkan kualitas pramuka penggalang, tapi juga untuk mengevaluasi dan implementasi nilai yang berkaitan dengan kualitas kegiatan peserta didik yang dilaksanakan di gudep dan kuartir,” akunya

Ketua Pembina Kwarran Pramuka Rancabali yang juga sebagai Kepala UPT ( Unit Pelaksana tehnik) TK/SD dan Non Formal Dinas pendidikan Kecamatan Rancabali Komarudin A.R mengatakan, lomba Kegiatan (LT) II tersebut merupakan kegiatan  rutin yang digelar setiap tahun. Untuk pelaksanaan tahun 2017 ini, medapat kunjungan langsung dari Ketua Pembina Kwarrda provinsi Jawa Barat.

“Ini sebuah kehormatan dan kebanggan tersendiri bagi kami, dimana kedatangan ketua pembina kwarrda Jabar akan menjadikan penyemangat bagi para peserta. Selain itu juga, kami mendapat arahan dan wawasan  pengetahuan tentang kepramukaan,” katanya.

Komarudin menambahkan lomba tingkat II pramuka regu penggalang se kwarran Rancabali merupakan arena pertemuan Regu anggota Pramuka. Adapun Materi kegiatan yang diperlombakan, dibagi menjadi beberapa kelompok kegiatan antara lain Kelompok Ketaqwaan, Kepribadian, kepemimpinan, pengetahuan dan kecerdasan; keterampilan, ketangkasan dan olahraga. Selain itu juga, kepeduli kepada sesama dan lingkungannya serta Administrasi Regu menjadi penilaian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan