Puluhan Pedagang Pasar Baru Datangi Gedung DPRD

jabarekspres.com, SUBANG– Puluhan pedagang Pasar Baru Subang mendatangi gedung DPRD di Jalan Dewi Sartika, kemarin (17/7). Para pedagang mengadukan nasib usaha mereka yang terus merugi.

Pantauan Pasundan Ekspres, para pedagang diterima langsung oleh Ketua DPRD Subang Beni Rudiono, Kepala DKUPP Ugit Sugiana, Kepala Dishub Rona Mariansyah, dan kepala Satpol PP Tatang Supriatna.

Salah seorang pedagang, Wiryatman mengaku, dalam satu bulan dagangnya selalu rugi. Jika dia mengeluarkan modal sebesar Rp2 juta, maka hanya bisa mendapat omzet sebesar Rp200.000 saja. Kondisi tersebut terjadi sejak dirinya pindah ke pasar baru 3 pada bulan lalu.

Padahal menurut Wiryaman, dirinya memilih pindah ke Pasar Baru untuk mendukung program pemerintah daerah. Namun hasilnya cukup mengecewakan. Jangankan untung, setiap harinya ia mengaku terus merugi.
“Kita sudah mendukung program pemerintah daerah, tapi malah bangkrut jadinya,” ujarnya kecewa.

Masih menurut Wiryaman, akibat terus merugi, kondisi ini berdampak terhadap ekonomi keluarganya.
“Bahkan gara-gara masalah ini, saya jadi mau cerai sama istri,” tandasnya.

Pedagang lainnya, Rudianto, 35, mengaku sudah mengadukan permasalah tersebut ke IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia). Dalam keluhannya, para pedagang meminta Bupati Subang mencabut larangan para pedagang berjualan di Pasar Panjang. Bahkan berbekal surat pengaduan tersebut, ia dan sejumlah pedagang lainnya mencoba berdagang kembali di Pasar Panjang.
“Sudah turun suratnya. Makanya ada beberapa pedagang yang pindah dan berdagang lagi ke Pasar Panjang,” jelas Rudianto.

Di kesempatan yang sama Korlap Forum Pedagang Pasar, Abdul Munir mengatakan, kedatangan para pedagang di DPRD Subang merupakan bentuk kekesalan akibat terus merugi. Mereka pun meminta kejelasan dari pemerintah daerah terkait permasalahan tersebut. “Kita hanya meminta kejelasan, jangan sampai pedagang kecil dibawa ngga jelas,” tutur Munir di sela-sela aksi di halaman gedung DPRD Subang.

Sementara itu Ketua DPRD Subang, Beni Rudiono mendesak pemerintah daerah agar lebih serius menanggapi keluhan para pedagang.

Beni juga merasa yakin kebijakan Pemkab Subang terkait relokasi pedagang sudah benar. Namun sebelum relokasi, seharusnya dilakukan koordinasi sehingga dampaknya tidak meluas.

Tinggalkan Balasan