PSSI Pastikan Format Liga 1 Tak Berubah

jabarekspres.com – Format kompetisi di sepak bola Indonesia penuh ketidakpastian. Mudah sekali berubah-ubah. Dalam satu dekade terakhir, sudah berulang-ulang berubah format. Dan musim depan, PSSI memberikan jaminan tidak ada perubahan format untuk Liga 1.

Musim depan tetap terdiri atas 18 klub dan tidak ada pembagian wilayah. Sama dengan musim ini. Lalu, di akhir musim ini terdapat tiga klub yang terdegradasi dan tiga klub yang promosi dari Liga 2. ’’Isu soal tidak ada degradasi itu tidak benar dan kami sudah tegaskan itu,’’ kata Joko Driyono, wakil ketua umum PSSI, dalam diskusi dengan awak redaksi Jawa Pos dan Jawa Pos Radar di kantor Jawa Pos, Graha Pena Surabaya, Sabtu (19/8) siang.

Lagi pula, itu sesuai dengan regulasi yang ditetapkan AFC tentang liga teratas. Lalu, untuk kompetisi di bawahnya, pada musim depan, mengalami perubahan format. Sebab, musim ini untuk Liga 2 memang musim yang mengantarkan kepada kompetisi yang lebih baik.

Mulai musim depan akan ada empat level kompetisi. Di bawah Liga 1 bakal ada Liga 2, Liga 3, dan Liga 4. ’’Ada juga yang sempat bicara soal Liga 2 A atau Liga 2 B, tidak tepat,’’ kata pria asal Ngawi tersebut.
Selain soal format kompetisi, pria yang disapa Jokdri itu banyak sharing tentang bisnis sepak bola dan informasi-informasi termutakhir soal sepak bola nasional.

Sebelumnya, pada Sabtu (19/8) pagi, Jokdri bersama rekan-rekan yang bergabung dalam tim ITS Legend FC bertanding dengan tim sepak bola karyawan Jawa Pos, Askring, di lapangan Polda Jatim, Surabaya. Dalam laga yang dimenangi ITS Legend 5-1 itu, Jokdri mencetak satu gol dari titik penalti.

(rpd/c4/ham)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan