Proyek Sky Walk Teras Cihampelas Berkelas

jabarekspres.com, CIHAMPELAS – Proyek pembangunan jembatan Sky Walk Cihampelas oleh Pemerintah Kota Bandung,  dinilai Pakar Hukum Lingkungan dari Universitas Parahiyangan, Asep Warlan berdampak positif karena dapat mengurai kemacetan di sekitar lokasi tersebut.

Seperti diketahui, pembangunan Skywalk Cihampelas yang memiliki panjang 450 meter dengan lebar 9 meter dan mempunyai tinggi 4,6 meter dari permukaan jalan ini juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada di sekitar teras Cihampelas. Pemkot Bandung telah membuat 197 kios untuk para PKL yang berdagang suvenir dan kuliner.

Warlan pun memastikan jika dalam pembangunannya tidak ada dampak yang menjurus pada kerusakan lingkungan yang ada di sekitar lokasi pembangunan. Untuk menghindari adanya pohon mati akibat pembangunan, Pemkot Bandung memberikan ruang bagi pohon yang ada disekitar lokasi.

”Bagus, konsep Sky Walk Cihampelas, sama sekali tidak mengakibatkan kerusakan di sekitar lokasi. Bahkan, agar tidak merusak pohon diberikan ruang kosong supaya pohon tidak dipangkas atau mati,” katanya kepada Bandung Ekspres, Rabu (12/04).

Asep, mengungkapkan dalam setiap pembangunan apapun memang perlu adanya pertimbangan yang matang sehingga tidak ada yang dirugikan. Seperti apabila ada pohon yang ditebang akibat pembangunan maka harus segera ada gantinya. Namun dia menyoroti, dalam proyek pembangunan Sky Walk Cihampelas ini, Pemkot Bandung sudah memikirkan bagaimana dampak dan manfaatnya dari pembangunan tersebut.

Sky Walk juga selain bisa mengurai kemacetan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat juga bangunan ini sangat bagus dan bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Bandung,” tegasnya.

Manfaat Sky Walk Cihampelas juga diungkapkan Eman Sulaeman. Pria 57 tahun penjual kuliner di Sky Walk Cihampelas mengakui jika semenjak dipindahkannya para pedagang ke atas (teras Cohampelas, Red). Selain jalan menjadi lancar, pendapatan jualannya semakin meningkat karena semakin banyak pengunjung yang datang ke Cihampelas untuk berwisata.

Alhamdulillah pendapatan saya dan pedagang lain jadi meningkat. Soalnya banyak pengunjung yang datang berkunjung ke Cihampelas,” ujar Eman.

Senada dikatakan, Fristka Runea Meleya, 21, seorang wisatawan asal Jakarta. Dia mengaku, kedatangannya ke Kota Bandung bersama teman-temannya, sengaja hanya ingin melihat langsung keindahan Sky Walk Cihampelas. Sebab, menurut informasi dari rekannya dan media social, selain digunakan untuk berbelanja lokasi ini juga sangat pas untuk berfoto.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan