Program Selaras Berikan Hasil Maksimal

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk mengurangi Angka Kematian Bayi (AKB) Pemerintah Kabbuipaten Bandung (Pemkab) bersama Saqve The Children mengagas program SELARAS (Sedehana Berdampak Luar Biasa), yang akan diterapkan di Kecamatan se Kabupaten Bandung,

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, program ini sangat menarik khususnya untuk wilayah yang sulit terakses fasilitas kesehatan disemua Kecamatan.

Menurutnya, selama lima tahun program ini sudah berkontribusi menekan AKI dan AKB. Bahkan telah merubah pemahaman perilaku masyarakat, tentang pentingnya kesehatan.

“Semoga program ini tidak berakhir begitu saja dan bisa diteruskan untuk Kecamatan lain setelah Ciparay, Pacet, Kertasari dan Majalaya,” ucapnya.

Dadang menilai, program tersebut mempunyai pengaruh besar dalam penyelamatan ibu dan bayi baru lahir, yakni dengan adanya pelayanan persalinan dibantu program SELARAS.

Lebih lanjut dadang menjelaskan, program Selaras meliputi Kecamatan Ciparay naik 6,4 persen dari 84,3 menjadi 90,7persen Pacet mengalami kenaikan 5,5persen dari 75,6persen menjadi 81,1persen dan Kecamatan kertasari dari 87,6 menjadi 92,5persen artinya mengalami peningkatan 4,9persen.

Dia berharap dari 4 Kecamatan tersebut, fasilitator yang sudah terlatih bisa menyalurkan ilmunya untuk calon fasilitator di Kecamatan lain.Sedangkan kenaikan fasilitas persalinan di Kecamatan Majalaya mencapai 3,5persen yakni dari 81,3 menjadi 84,8persen.

“Saya harap dari 4 Kecamatan yang sudah punya fasilitator, bisa menularkan kemampuannya untuk calon fasilitator di Kecamatan lain nantinya,”ucap Dadang

Selain itu, melalui program ini bertujuan membangun sinergi dalam pelaksanaan program yang terkait dengan kesehatan, kebersihan dan praktek cuci tangan, yang menurutnya sangat sederhana.

Selain itu, kontribusi Program SELARAS melibatkan Yayasan Sayangi Tunas Cilik itu, turut mendukung fokus prioritas pembangunan Kabupaten Bandung dari segi peningkatan Sumber Daya manusia(SDM).

“Program ini mendukung visi pembangunan Kabupaten Bandung dalam hal SDM. Meningkatnya pelayanan kesehatan bagi ibu melahirkan dan bayi baru lahir, bisa menghasilkan tunas bangsa yang berkualitas, sehat, cerdas dan kuat,” tandasnya.

Sementara Program Manager SELARAS dari Save the Children Noer Pangroso mengatakan, program SELARAS telah memberikan manfaat baik langsung maupun tidak, terhadap kurang lebih 35.000 bayi, 25.000 ibu hingga 400.000 anggota masyarakat di 4 kecamatan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan