Program Kotaku, Tuntaskan Pemukiman Kumuh

jabarekspres.com, DAYEUHKOLOT – Untuk mengentaskan pemukiman kumuh yang ada diwilayah Kabupaten Bandung, pemerintah memberikan Bantuan Dana Investasi (BDI) Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tahap 1.

Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan, bantuan yang berasal APBD ini, telah terserap sebesar Rp. 241,5 juta yang dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur di Kampung Bojong Citepus Desa Cangkuang.

Menurutnya, Pembangunan terdiri dari pembuatan Sarana Air Bersih (SAB), MCK Komunal, Rabat Beton, Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dan Drainase telah berhasil direalisasikan.

“Tepatnya di RW 09 bersama dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Citepus Asri yang turut berkontribusi sebesar Rp. 56,5 juta,”jelas Gun Gun ketika ditemui kemarin (1/11)

Menurutnya, pembangunan ini akan terus ditingkatkan diwilayah lainnya. Sehingga, sarana dan fasilitas warga menjadi lengkap dan terpenuhi.

Gun Gun memaparkan, secara bertahap pembangunan mulai dari tanggul di sepanjang bantaran sungai, perbaikan jalan, penataan lingkungan sampai pada infrastruktur. Sebab, sarana Air Bersih dan MCK Komunal dan fasilitas lainnya berawal dari keinginan masyarakat.
“Ini juga berkat kontribusi warga, dan saya minta bisa diterima dan dimanfaatkan, dirawat dengan sebaik-baiknya,” tutur dia.

Dirinya berharap, ke depan kata kumuh bisa hilang dengan cara pemerintah bersama masyarakat menjaga lingkungan yang sudah tertata.

Gun Gun menambahkan, ke depan programn ini dan anggarannya harus didukung oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Sebab, dengan terus dilaksanaan program pembenahan Kotaku ini manfaatnya akan langsung dirasakan masyarakat.

“Saya meminta do’a kepada seluruh masyarakat agar Pemkab Bandung senantiasa menjalankan program-program yang membawa senyum bagi masyarakat,” pungkasnya. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan