Pramuka, Semangat Muda untuk Maju

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Dandim 0618/BS Kolonel Inf Sugiyono berharap agar para praja muda karana (Pramuka) satuan karya (Saka) Wira Kartika (SKW) bisa menjadi orang-orang yang berjiwa muda namun mempunyai semangat untuk maju.

Hal itu dikatakan Dandim yang juga merupakan Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika (Mabisaka) saat melantik dan mengukuhkan 44 anggota Saka Wira Kartika yang mendapatkan badge SWK.

”Untuk Tahun 2017 Kodim 0618/BS melantik 44 orang, dan ini merupakan angkatan ke-7. Tidak mudah untuk menjadi anggota Saka Wira Kartika Kodim 0618/BS, ada tahapan-tahapan ujian berat yabg harus dilalui, namun semua itu tidak akan terasa bila dilaksanakan dengan ikhlas, semangat, disiplin dan penuh kegotongroyongan dan kebersamaan,” kata Dandim 0618/BS Kolonel Inf Sugiyono, usai acara kemarin (15/1).

Lanjut dia, Saka Wira Kartika merupakan salah satu satuan yang bersifat Nasional yang dibentuk melalui kerjasama antar Kwarnas dengan TNI AD yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.  ”Kegiatan SWK adalah kegiatan pramuka penegak dan pandega dalam meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan. Selamat atas keberhasilan kalian dalam mengikuti tahapan untuk menjadi anggota SWK Kodim 0618/BS ini,” Dandim saat menyampaikan sambutan dalam acara pengukuhan.

Kegiatan SWK Kodim 0618/BS sendiri berlangsung selama 3 hari, mulai dari 13 Januari 2017 dan berakhir kemarin di Baru Beureum Kaki Gunung Manglayang, Kabupaten Bandung, dengan materi 5 Krida yakni Krida Survival, Krida Navigasi Darat, Krida Mountenering, Krida Pioneer dan Krida Penanggulangan bencana serta Materi bela negara, Kepemimpinan dan psikotest. Kegiatan SWK gelombang ke-7 dilatih langsung Kapten Arm Fery Tulas Pimpinan SWK Kodim 0618/BS Kwarcab Kota Bandung. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan