Pramuka, Konsisten Didik Kaum Muda Berkarakter

jabarekspres.com, BANDUNG – Anggota pramuka lebih dituntut kekinian seiring dengan perkembangan zaman. Ketika perkembangan teknologi tidak bisa dibendung, anggota Pramuka dituntut harus bisa menguasai teknologi.

Menurut Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial mewakili Wali Kota Bandung selaku Mabicab Kota Bandung, di era moderen seperti sekarang ini ini. Teknologi informasi harus bisa diakses dengan mudah melalui media sosial dan digunakan untuk kepentingan positif.

Lanjutnya, Gerakan Pramuka mempunyai tugas dan pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah sebagai pelengkap pendidikan di lingkungan keluarga dan sekolah. Selain itu gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk kader bangsa, sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

”Oleh karena itu, setia anggota Pramuka dituntut untuk mampu menjawab tantangan, bagaimana kepramukaan agar lebih maju, membentuk sikap dan perilaku yang positif. Dengan itu setiap anggota Pramuka dapat menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama sama bertanggung jawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara,” tegas Oded pada acara Peringatan Hari Pramuka ke 56 Tingkat Jawa Barat Tahun 2017, di jalan Asia Afrika kota Bandung, Sabtu (9/9).

Sebut dia, peringatan hari Pramuka ke 56 menjadi acara yang tepat dalam mengaplikasikan nilai nilai positif yang terkandung dalam Trisatya dan Dhasadarma. Pramuka belajar untuk mampir mengasah diri mereka jadi pribadi yang lebih kreatif dan bisa mengerti kondisi kekinian.

”Maka dari itu gerakan Pramuka harus mampu memberikan arahan dan gagasan dalam zaman kekinian ini. Kita harus mampu memberikan hal yang positif dalam segala macam, baik dalam tingkah laku, memilah informasi maupun memberikan informasi,” tuturnya

Ditambahkan Oded, gerakan Pramuka juga menjadi satu satunya organisasi yang mengatur secara utuh semua tingkatan anggotanya ysng selalu menjadi pribadi yang unggul. ”Jadi untuk mendapatkan pribadi yang unggul kita harus menjadi manusia yang mempunyai akhlak yang mulia, cara bersikap baik dan mengajarkan kewajiban individu terhadap negara dan Pancasila,” jelasnya.

Sesuai dengan temanya yaitu bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa. Dengan tema tersebut mengindikasikan bahwa gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa. ”Melalui tema tersebut, Pramuka menjadi garda terdepan yang mampu menjadi teladan dan contoh perubahan mentalitas bangsa,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan