Pramuka, Konsisten Didik Kaum Muda Berkarakter

2
Gerakan Pramuka
ACUNGKAN JEMPOL: Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar (tiga kiri), Ketua Kwarda Jabar dan Wakil Wali Kota Bandung berfoto bersama usai memperingati Hari Pramuka ke 56 Tingkat Jawa Barat di Jalan Asia Afrika, Sabtu (9/9).

jabarekspres.com, BANDUNG – Anggota pramuka lebih dituntut kekinian seiring dengan perkembangan zaman. Ketika perkembangan teknologi tidak bisa dibendung, anggota Pramuka dituntut harus bisa menguasai teknologi.

Menurut Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial mewakili Wali Kota Bandung selaku Mabicab Kota Bandung, di era moderen seperti sekarang ini ini. Teknologi informasi harus bisa diakses dengan mudah melalui media sosial dan digunakan untuk kepentingan positif.

Lanjutnya, Gerakan Pramuka mempunyai tugas dan pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah sebagai pelengkap pendidikan di lingkungan keluarga dan sekolah. Selain itu gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk kader bangsa, sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

”Oleh karena itu, setia anggota Pramuka dituntut untuk mampu menjawab tantangan, bagaimana kepramukaan agar lebih maju, membentuk sikap dan perilaku yang positif. Dengan itu setiap anggota Pramuka dapat menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama sama bertanggung jawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara,” tegas Oded pada acara Peringatan Hari Pramuka ke 56 Tingkat Jawa Barat Tahun 2017, di jalan Asia Afrika kota Bandung, Sabtu (9/9).

Sebut dia, peringatan hari Pramuka ke 56 menjadi acara yang tepat dalam mengaplikasikan nilai nilai positif yang terkandung dalam Trisatya dan Dhasadarma. Pramuka belajar untuk mampir mengasah diri mereka jadi pribadi yang lebih kreatif dan bisa mengerti kondisi kekinian.

”Maka dari itu gerakan Pramuka harus mampu memberikan arahan dan gagasan dalam zaman kekinian ini. Kita harus mampu memberikan hal yang positif dalam segala macam, baik dalam tingkah laku, memilah informasi maupun memberikan informasi,” tuturnya

Ditambahkan Oded, gerakan Pramuka juga menjadi satu satunya organisasi yang mengatur secara utuh semua tingkatan anggotanya ysng selalu menjadi pribadi yang unggul. ”Jadi untuk mendapatkan pribadi yang unggul kita harus menjadi manusia yang mempunyai akhlak yang mulia, cara bersikap baik dan mengajarkan kewajiban individu terhadap negara dan Pancasila,” jelasnya.

Sesuai dengan temanya yaitu bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa. Dengan tema tersebut mengindikasikan bahwa gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa. ”Melalui tema tersebut, Pramuka menjadi garda terdepan yang mampu menjadi teladan dan contoh perubahan mentalitas bangsa,” tegasnya.

Ketua Kwarda Jawa Barat Dede Yusuf menyampaikan, momentum ini merupakan momentum yang terbaik. Karana dilakukan di depan gedung yang bersejarah yang di dalamnya pernah dilakukan beberapa perjanjian hingga kerjasama antar negara.

”Salah satu gedung bersejarah ini menghasilkan kesepakatan piagam Dasa Sila. Isi dari kesepakatan itu di antaranya Persatuan, gotong royong, toleransi, saling menghormati dan kerjasama. Nah itu yang kita tuangkan dalam peringatan hari Pramuka. Semua yang ada dalam dasa sila kita terapkan dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Ditambahkan Ketua Kwarda Jabar, anggota Pramuka se Jawa barat yang lebih dari 6 juta anggota menjadikannya terbanyak se Indonesia. ”Hal ini perlu kita syukuri karena kegiatan kegiatan yang dilakukan Pramuka memberikan dampak yang positif. Kita harapkan dengan jumlah yang banyak ini, Jawa barat menjadi Pramuka tergiat Nasional. Kita buktikan bahwa Pramuka di Jawa barat menjadi masyarakat yang baik dan bermanfaat,” tuturnya.

Usai apel, dilanjutkan dengan penganugerahan tanda penghargaan gerakan Pramuka, di antaranya Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil selaku Mabicab Kota Bandung Kamil mendapatkan penghargaan Lencana Dharma Bakti dan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto selaku Ketua Kwarcab Kota Bandung mendapat penghargaan Lencana Pancawarsa V. (hms/ign)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here