PPP Bersikeras Mendorong Uu Cawagub

jabarekspres.com, Bandung – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berharap Ridwan Kamil lebih memilih Uu Ruzhanul Ulum dibandingkan Daniel Muttaqien sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat. Sebab, sebelumnya, PPP menjadi penentu Emil dalam memenuhi persyaratan kursi untuk pencalonan di Pilgub Jabar 2018.

”Dengan alasan itu, PPP berharap Ridwan Kamil lebih mempertimbangkan posisi PPP di koalisi yang lebih dahulu bergabung dibandingkan Partai Golkar yang baru gabung,” tutur Ketua Umum PPP Romahurmuziy saat dihubungi Jabar Ekspres kemarin (10/11).

”Toh gabungnya itu pun menuai masalah di internal Golkar sendiri,” sambungnya.

Meskipun dari aspek daya tawar Partai Golkar lebih tinggi (17 kursi) dibandingkan dengan PPP yang hanya memiliki 9 kursi di  DPRD Jawa Barat, namun dari aspek kekuatan, kata dia, koalisi Partai Nasdem, PKB dan PPP sudah kuat dan memenuhi persyaratan.

”Jadi, tanpa Golkar atau ada Golkar di koalisi ini tetap tidak mempengaruhi kuota, karena sudah dipenuhi PPP,” jelasnya.

Lalu, alasan kedua yang harus menjadi bahan pertimbangan Ridwan Kamil dalam memutuskan nama siapa yang akan mendampinginya adalah faktor elektabilitas yang nantinya harus lebih meningkatkan posisi Ridwan Kamil yang memang sudah tinggi. Dalam hal ini Uu Ruzhanul Ulum jelas lebih tinggi elektabilitasnya dibandingkan dengan Daniel Muttaqien yang jauh rendah.

”PPP tentu tidak asal mengusulkan Uu Ruzhanul Ulum jadi pendamping Emil. Alasan yang kita pilih Uu Ruzhanul Ulum karena hasil survei  nilai elektabilitas Uu tinggi yaitu 1,0 persen  dibandingkan Daniel Mutaqien yang hanya 0,1 persen,” terangnya.

Kemudian, dari aspek popularitas Uu Ruzhanul Ulum lebih tinggi yaitu 14,4 persen dibandingkan Daniel Muttaqien yaitu di bawah 10 persen. Dengan acuan itu, kata dia, PPP optimistis Emil akan lebih memilih Uu Ruzhanul Ulum dibandingkan Daniel Muttaqien.

Dia mengatakan, pertimbangan pengalaman kepemerintahan Uu Ruzhanul Ulum lebih banyak dibandingkan Daniel Muttaqien yaitu, Uu Ruzhanul Ulum sudah dua periode menjadi bupati Tasikmalaya. Sedangkan Daniel Muttaqien baru pertama menjabat jadi anggota DPR RI.

”Uu Ruzhanul Ulum lebih berpengalaman dan nantinya tidak akan sulit mendampingi Emil menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat. Sebab sama-sama sudah memiliki modal pengalaman di Pemda,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan