Porto Gagal Bendung Juventus ke Perempat Final

bandungekspres.co.id – Juventus lolos ke babak perempat final Liga Champions berkat kemenangan tipis 1-0 atas Porto pada laga leg kedua 16 besar. Pada pertandingan yang berlangsung di Juventus Stadium, Rabu (15/3/2017) dini hari WIB, gol semata wayang tuan rumah dicetak oleh Paulo Dybala di menit 42.

Keberhasilan Juventus ke perempat final sekaligus menyelamatkan muka Italia di kompetisi bergengsi di Eropa. Pasalnya, Napoli lebih dulu terusir dari Liga Champions setelah kalah atas Real Madrid.

Selain itu, Juventus sukses memperlebar rekor tak terkalahkan bermain di kandang sebanyak tujuh kali secara beruntun. Tim besutan Massimiliano Allegri bahkan telah membukukan total 21 gol.

Jika mengacu pada statistik pertandingan, tuan rumah mampu tampil begitu mendominasi sepanjang 90 laga berlangsung. Hal itu dibuktikan melalui penguasaan bola mereka, yakni mencapai angka 63 persen dengan melepaskan total 11 tendangan di mana tiga sepakan diantaranya berhasil mengarah ke gawang.

Sebaliknya, Porto terlihat kesulitan ketika Gonzalo Higuain dkk mengurung permainan mereka. Apalagi lima menit sebelum turun minum, tim tamu terpaksa harus bermain dengan 10 pemain setelah Maximiliano Pereira diusir wasit lantaran tendangan Higuain di blok dengan tangannya.

Paulo Dybala yang menjadi algojo sukses menjalankan tugas dengan sempurna saat bola eksekusinya mengoyak gawang Casillas. Gol penalti itu sekaligus menjadi satu-satunya yang tercipta pada babak pertama.

Memasuki paruh kedua, Juventus masih mendominasi permainan. Mereka unggul penguasaan bola hingga melebihi 60 persen, tapi permainan disiplin lini belakang Porto membuat Higuain Cs kesulitan mencatat gol kedua.

Dari upaya tembakan hingga 11 kali, hanya tiga yang mengarah ke gawang Casillas. Sementara 8 lainnya tak menemui sasaran. Sejak pertengahan babak kedua, Juventus tampak tidak terlalu ngotot. Toh, keunggulan 1-0 sudah membawa mereka ke babak perempat final.

Benar saja. Sampai laga berakhir, tak ada gol tambahan yang tercipta. Juventus tetap unggul 1-0 dan berhak lolos ke perempat final dengan agregat 3-0. Casillas, meski gagal mengantar Porto ke babak perempat final, tetap mengakhiri laga dengan torehan elok. Kiper gaek Spanyol itu mencatat penampilan terbanyak di kompetisi Eropa, 175 caps, menungguli Paolo Maldini (174 caps).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan